Grid Networks | Jumat, 20 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

I, Tonya & 5 Film Hollywood Lain yang Diangkat dari Skandal di Dunia Nyata

  • Kamis, 18 Januari 2018 07:00 WIB

Film yang diangkat dari Skandal | Film yang diangkat dari Skandal

Sineas film Hollywood sepertinya tidak akan berhenti untuk memvisualisasikan ide mereka dalam bentuk film. Bukan hanya ide yang berasal dari dalam pikiran saja, namun film Hollywood ini ternyata diangkat dari kisah nyata lho, girls!

Bukan kisah nyata biasa melainkan skandal yang sempat menghebohkan publik. Salah satunya I, Tonya, yang diangkat dari kisah nyata Tonya Harding, seorang figure skater yang terlibat skandal kekerasan.

Selain I, Tonya, berikut 5 film Hollywood lain yang diangkat dari skandal dunia nyata:

(Baca juga: Selain Zayn Malik, Ada 6 Seleb Hollywood Lainnya yang Pernah Mengalami Penyakit Gangguan Makan)

I, Tonya (2017) 

Film ini menceritakan tentang seorang figure skater yang sangat sukses di era 1990-an, Tonya Harding. Pada masanya, ia terdaftar sebagai juara pada U.S. Figure Skating Championships.

Sayangnya, karier Tonya hancur ketika dia dan suaminya saat itu melakukan tindak kekerasan atas figure skater lain, Nancy Kerrigan.

Tonya Harding sendiri diperankan oleh Margot Robbie, dan film ini juga menyorot masa kecil Tonya saat dia jadi korban kekerasan ibunya.

Spotlight (2015) 

Spotlight merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang tim jurnalis dari surat kabar harian The Boston Globe. Tim ini mencoba menguak kasus pelecehan seksual yang melibatkan pendeta di sebuah Gereja Katolik di Massachusetts.

Namun ternyata penyelidikan itu membongkar kasus pelecehan seksual pada anak-anak yang dilakukan oleh pendeta dan sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Liputan dan pelaporan yang dilakukan The Boston Globe ini mendapatkan Pulitzer Prize untuk kategori public service.

Skandal sensitif dan menghebohkan publik ini akhirnya diangkat menjadi film yang dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, dan Liv Schreiber.

Snowden (2016) 

Edward Snowden pernah terlibat skandal politik ketika ia membocorkan dokumen tentang NSA ke media. Dokumen tersebut kurang lebih berisi tentang pemerintah Amerika Serikat yang memata-matai semua masyarakat.

Snowden kemudian dicari di seluruh penjuru Amerika namun ia tetap berusaha berlindung sebelum akhirnya tertangkap.

(Baca juga: 8 Film dan Drama Korea yang Dibintangi D.O 'EXO'. Sudah Nonton yang Mana Saja?)

Fair Game (2010) 

Skandal dari film ini terjadi pada masa pemerintahan Presiden George W. Bush. Salah seorang oknum dari pemerintah George W.Bush menggunakan kekuasaannya dan membocorkan identitas asli agen CIA yang bernama Valerie Plame.

Valerie merupakan seorang istri dari diplomat Joseph Wilson. Skandal ini muncul setelah Joseph Wilson mengutarakan pendapatnya dan menentang kebijakan Amerika saat invansi Irak.

Shattered Glass (2003) 

Film yang disutradari oleh Billy Ray ini menceritakan tentang seorang jurnalis sukses dan ternama, Stephen Glass. Berbagai informasi bisa ia dapatkan dalam waktu sekejap.

Ternyata kesuksesannya ia dapatkan dengan cara yang sangat licik karena sebenarnya dia menulis cerita palsu dan menyebarkan ke masyarakat luas.

Skandal tentang jurnalis bohong ini sempat memperburuk nama salah satu media di Amerika Serikat, New Republic.

The Insider (1999) 

Skandal besar juga pernah menimpa salah satu industry rokok. Jeffery Wigand adalah mantan ilmuwan kimia yang pernah bekerja di sebuah pabrik rokok besar.

Kemudian Wigand diundang pada sebuah acara yang bertajuk 60Minutes oleh stasiun televisi CBS untuk menerjemahkan kandungan kimia dalam rokok.

Wigand setuju dengan hal tersebut namun ia tidak ingin menyebutkan di mana pabrik tempat ia bekerja. Penampilan Wigand justru membahayakan dirinya dan keluarga karena ditekan oleh berbagai pihak.

(Baca juga: 7 Kesalahan dalam Film Indonesia yang Mungkin Enggak Kita Sadari)

Reporter : Kinanti Nuke Mahardini
Editor : Kinanti Nuke Mahardini

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×