TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Ini Foto Fenomena Aneh Terjadi di Atas Atmosfer Bumi Pada Agustus 2015

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 28 Agustus 2015

Ini Foto Fenomena Aneh Terjadi di Atas Atmosfer Bumi Pada Agustus 2015

Pada Senin lalu (10/8), para astronaut yang tengah berada di stasiun luar angkasa ISS menangkap fenomena yang menunjukkan adanya spot aneh di atas atmosfer Bumi, tepatnya di atas utara Amerika. Ini foto fenomena aneh terjadi di atas atmosfer Bumi pada Agustus 2015.

 

 

Baca juga: Fenomena Alam Super Aneh

 

 

Spot aneh di atas atmosfer Bumi

Spot aneh itu bentuknya menyerupai seekor ubur-ubur berwarna merah yang mengeluarkan sambaran kilat. Spot aneh tersebut disebut oleh para astronot sebagai red sprite.

 

(foto: NASA Earth Observatory)

Fenomena red sprite yang terjadi Senin (10/8) lalu di atas kota Meksiko ditangkap oleh kamera astronot di stasiun luar angkasa ISS.

 

Apa itu red sprite?

Red sprite merupakan fenomena langka yang jarang terjadi di atmosfer Bumi. Petir berwarna merah itu diketahui terjadi terakhir kali di tahun 1989. Terjadinya red sprite hanya dalam hitungan detik, waktu yang sangat singkat sehingga peneliti merasa kesusahan mengidentifikasi fenomena aneh tersebut.

 

Meski hanya bisa melihatnya dengan singkat, red sprite diduga terjadi akibat adanya pembentukan kilat positif yang langka. Enggak seperti petir-petir kebanyakan yang menghantarkan arus listrik negatif, petir red sprite menghantarkan arus listrik positif.

 

Meski hanya "menampilkan" kilat yang jauh lebih samar dan sebentar dari petir-petir biasa yang terjadi di Bumi, red sprite menghasilkan arus listrik yang 10 kali jauh lebih tinggi dari petir biasa.

 

Baca juga: Bumi Pernah Kiamat 6 Kali Dalam 450 Tahun?

 

(sumber: difa restiasari/nationalgeographic.co.id, foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v