TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Pakai Ojek Online, Amankah Privasi Kita? (Bagian 2)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 11 September 2015

Pakai Ojek Online, Amankah Privasi Kita? (Bagian 2)

Sekarang, lagi ngetren ojek berbasis aplikasi alias "ojek online" seperti GrabBike dan Go-Jek. Tapi saat pakai ojek online, amankah privasi kita?

 

Aplikasi ojek yang ada di smartphone pengojek memang memungkinkan mereka untuk dapat melihat nama, nomor telepon, dan alamat tujuan penumpang yang akan diantarkan.

 

Nah, informasi kita itu takutnya bakal disalahgunakan, apalagi kalau jatuh ke tangan orang yang enggak bertanggung jawab. Apalagi, beberapa hari terakhir masalah privasi pelanggan ojek berbasis aplikasi ramai mencuat di social media.

 

Beberapa orang yang pernah menggunakan ojek berbasis aplikasi itu mengklaim bahwa mereka digangggu bahkan diteror melalui SMS oleh pengojek yang mendapat penilaian buruk dari pelanggan.

 

Tapi, apa benar privasi kita enggak aman di ojek berbasis aplikasi atau ojek online?

 

Baca juga: Kenalan Sama Cewek Muda Di Balik Jasa Ojek Khusus Perempuan, OjekSyar'i

 

(foto: tekno.kompas.com)

 

Pelanggan jadi teman

Menurut Kurniawan, salah satu tukang ojek aplikasi yang ditemui Tribunnews di kawasan Senayan, keseharian menjadi pengojek berbasis aplikasi memang menjadikan mereka lebih bergerak mencari calon penumpang. Namun hal itu enggak selalu membuat mereka kesulitan.

 

Enggak jarang pengojek juga mendapatkan teman baru karena interaksi yang intens saat mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Salah satunya seperti Sandito.

 

Sudah setengah tahun lebih ia menjadi tukang ojek berbasis aplikasi. Dia mengaku memang ada interaksi dengan salah satu pelanggannya di luar kegiatan ojek. Tetapi itu juga pelanggannya yang menghubungi terlebih dahulu.

 

"Waktu itu saya ngobrol-ngobrol sama salah satu penumpang. Bapak-bapak mau ke Stasiun Manggarai. Kondisinya pas lagi bulan puasa mau buka. Kita ngobrol ngalur-ngidul. Eh, waktu malam takbiran ternyata dapat ucapan Lebaran juga dari dia kirim SMS. Soalnya waktu dia order ojek, saya sempat telepon dia tanya posisinya di sebelah mana. Eh ternyata disimpan nomor saya," kata Sandito ditemui di kawasan Gajah Mada.

 

Baca juga: Kenapa Kita Enggak Boleh Menyetir Sebelum 17 Tahun?


Baca lebih lanjut: Pakai Ojek Online, Amankah Privasi Kita? (Bagian 1)

 

(sumber: alvin bahar/hai-online.com, foto: go-jek.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×