Grid.ID Networks | Rabu, 26 Juli 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Memperjuangkan Hak Kesetaraan Cewek & Cowok

  • Selasa, 28 Juli 2015 00:00 WIB

Memperjuangkan Hak Kesetaraan Cewek & Cowok

Cewek masih sering mengalami diskriminasi di berbagai bidang, sehingga muncul tuntutan adanya kesetaraan gender, agar cewek bisa mendapatkan hak, kesempatan dan kewajiban yang sama dengan cowok. Cari tahu tentang kesetaraan gender dan cara memperjuangkan hak kesetaraan cewek dan cowok ini yuk!

 

Gender ≠ jenis kelamin

Mungkin banyak yang mengira bahwa gender sama dengan jenis kelamin, padahal enggak, lho. Jenis kelamin mengacu pada hal biologis yang bersifat kodrat, alias enggak bisa diubah. Sedangkan gender didasarkan pada sudut pandang pendapat, norma, atau stereoptype buatan manusia, sehingga sangat bisa diubah.

 

Berdasarkan jenis kelamin, cewek punya kodrat untuk hamil, melahirkan dan menyusui. Sedangkan berdasarkan gender, biasanya cewek dianggap lebih cocok jadi ibu rumah tangga daripada bekerja, atau cowok yang dianggap lebih pantas jadi pemimpin daripada cewek. Semua itu bukan kodrat yang harus dipenuhi, melainkan keyakinan yang udah melekat dan sulit diubah. Jadi, menuntut kesetaraan gender itu bukan berarti menyalahi kodrat kita sebagai cewek, lho.

 

 

Reporter : Aisha Ria Ginanti
Editor : Aisha Ria Ginanti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×