Hal Aneh yang Bakal Terjadi Kalau Kita Menatap Mata Seseorang Selama 10 Menit

By Indra Pramesti, Kamis, 7 Juni 2018 | 19:45 WIB
()

Menatap mata seseorang selama 10 menit ternyata bisa menimbulkan hal yang aneh, lho. Kalau dia adalah orang yang kita sukai, mungkin kita bakal merasa seperti ada kupu-kupu di dalam perut kita hingga jantung yang berdegup kencang. Sebaliknya, jika orang asing yang menatap mata kita, mungkin kita bakal merasa ketakutan.

Eye contact adalah kegiatan yang powerful dan bisa menjelaskan banyak hal tentang diri kita yang bahkan kita sendiri belum tahu. Setiap orang enggak akan bisa menatap mata seseorang lekat-lekat hingga lebih dari beberapa detik. Karena faktanya, penelitian menyebutkan bahwa seseorang hanya mampu menatap mata orang lain selama 3,3 detik sebelum dia merasa enggak nyaman.

Tapi apa jadinya kalau kita kalau kita memandang orang tersebut selama 9 menit 57 detik?

the heirs

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, efeknya akan membuat kita gampang berhalusinasi. Penelitian ini dilakukan oleh Giovanni B. Caputo dari Univeristy of Urbino di Italia yang melakukannya terhadap 20 orang (15 di antaranya adalah perempuan.

Caputo kemudian meminta 10 pasang untuk saling menatap mata mereka satu sama lain selama 10 menit. Selain itu, Capuro juga menggunakan grup kontrol sebanyak 20 orang yang diminta untuk menatap dinding.

Setelah 10 menit, masing-masing partisipan membagi pengalaman yang mereka rasakan dengan menggunakan questionnaire. Hasilnya, orang yang menatap mata satu sama lain cenderung mengalami gejala disosiatif, dysmorphic face perceptions, dan berhalusinasi.

Disosiasi dan Halusinasi

meloholic

Disosiasi terjadi ketika seseorang lepas dari kenyataan. Sedangkan gejala diosiatif umumnya beragam, seperti intensitas warna berkurang, suara terdengar lebih pelan atau malah keras, dan waktu terasa lebih lambat.  

Berhalusinasi terhadap penampakan wajah yang aneh termasuk juga seakan-akan melihat monster, melihat bagian wajah kita di wajah orang lain, atau melihat bayangan wajah orang yang kita kenal.

Dari penelitiannya tersebut, Caputo menyimpulkan bahwa berhalusinasi melihat penampakan wajah yang aneh disebabkan oleh proyeksi psikodinamis. (YourTango)

(Baca juga: 5 Film Anime Jepang Dengan Visualisasi Keren dan Memanjakan Mata. Mana Favoritmu?)