Cara Mewaspadai Kamera Tersembunyi di Toilet atau Ruang Ganti Baju

By Natasha Erika, Selasa, 20 Februari 2018 | 08:15 WIB
Cara Mewaspadai Kamera Tersembunyi di Toilet atau Ruang Ganti Baju (Natasha Erika)

Kadang kita harus menggunakan kamar mandi umum, atau ketika berbelanja, kita harus mencoba pakaian di ruang ganti.

Ada beberapa oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk berbuat jahat, yaitu diam-diam merekam kita di sana lewat kamera tersembunyi.

Sudah banyak yang terjebak dalam modus kejahatan ini. Sebetulnya, modus kejahatan menyembunyikan kamera di toilet atau ruang ganti baju memang sudah lama ada.

Biasanya, pelaku mengincar perempuan yang berganti baju di toilet atau ruang ganti. Kita sebagai cewek harus waspada sama modus kejahatan ini.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari modus ini. Berikut beberapa cara mewaspadai kamera tersembunyi di toilet atau ruang ganti baju.

Kepada Kompas.com, Kepala Sub-Seksi Layanan Informasi Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Fauzi Ahmad, memberi tips tentang gimana cara menemukan kamera tersembunyi di toilet atau ruang ganti baju.

Kita bisa coba melakukan panggilan telepon saat berada di dalam toilet atau ruang ganti baju. Kalau enggak bisa melakukan panggilan, kemungkinan ada kamera tersembunyi di situ.

Fauzi melanjutkan, bahkan kamera tersembunyi yang didesain sangat kecil sekali pun menggunakan perangkat tertentu yang bisa mengganggu sinyal handphone.

Nah, ketika kita enggak bisa melakukan panggilan di toilet atau ruang ganti tertentu, ada baiknya pindah ke toilet atau ruangan lain, girls.