5 Tsunami Terdahsyat di Dunia! 2 di Antaranya Terjadi di Indonesia

By None, Minggu, 30 September 2018 | 13:59 WIB
()

Kabar duka datang dari timur Indonesia, gempa bumi berskala 7,4 Skala Rickter yang disertai Tsunami terjadi Palu dan Donggala, Sulawesi Tenggara pada Jumat (28/9).

Gelombang Tsunami terjadi setelah 30 menit setelah gempa 7,4 skala richter mengguncang provinsi tersebut. 

Sebagai negara yang berada di wilayah Cincin Api, Indonesia kerap kali diguncang gempa dan berujung Tsunami. Bahkan, beberapa diantaranya masuk dalam kategor terdahsyat sepanjang sejarah. 

Nah, berikut lima Tsunami terdahsyat sepanjang sejarah, dua di antaranya terjadi di Indonesia! 

BACA JUGA : 9 Hal yang Akan Terjadi Jika Manusia Tiba-tiba Punah! Masuk Akal!

1. Tsunami Lisbon

Gempa bumi berkekuatan mencapai 9,0 SR ini terjadi di daerah Lisbon, Portugal, tepatnya pada 1 November 1755.

Akibat besarnya kekuatan gempa, bangunan-bangunan di sana pun roboh dan juga mengakibatkan kebakaran yang membuat banyak orang meninggal dunia dengan cara terbakar hidup-hidup.

Nggak berhenti sampai di situ, 40 menit setelah gempa muncul gelombang tsunami yang tingginya hampir mencapai 30 meter dan menyebabkan sekitar 70 ribu orang di Portugal, Spanyol, dan Maroko meninggal dunia.

2. Tsunami Arica

Pada 1868, gempa terjadi di dekat Arica, Peru dengan kekuatan 8,5 hingga 9,0 SR yang menghasilkan tsunami di daerah sekitar Samudera Pasifik.

Besarnya kekuatan gempa dan tingginya gelombang tsunami yang mencapai 14 meter itu menghancurkan sebagian besar kapal di pelabuhan dan tercatat lebih dari 25 ribu orang kehilangan nyawa akibat bencana tersebut.