Angin Puting Beliung Terjadi di Bogor, Ini Penjelasan BMKG!

By Istihanah, Jumat, 7 Desember 2018 | 07:57 WIB
Puting Beliung Bogor ()

Bencana alam kembali terjadi di Indonesia, Kamis (4/12/2018) kemarin Angin Putting Beliung terjadi di Bogor, Jawa Barat.

Dilansir dari Tribunnews, Koordinator BMKG Provinsi Jawa Barat, Tony Agus Wijaya menjelaskan bahwa bencana alam, seperti angin puting beliung merupakan fenomena alam biasa.

Menurut analisa BMKG, fenomena puting beliung berdasarkan citra satelit himawar, antara pukul 14.30 hingga 15.30 wib.

Baca Juga : Ini 10 Drama Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2018! Sudah Nonton?

Terpantau lipatan awan konvektif dengan jenis Comulonimbus di wilayah Kota Bogor bagian selatan.

Awan tersebut menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebar disertai angin kencang, puting beliung, hingga kilat atau petir.

Akibat bencana tersebut, setidaknya 4 mobil rusak karena tertimpa pohon besar dan beberapa atap rumah terangkat oleh angin puting beliung yang terjadi di kawasan Batutulis, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga : Hormon Hingga Kista, Ini 6 Penyebab Rasa Sakit Pada Payudara!

Pihak BMKG juga mengatakan bahwa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angina kencang, kilat masih akan terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya hingga beberapa waktu kedepan.

Sementara itu, BMKG juga mengatakan bahwa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angina kencang, kilat masih akan terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya hingga beberapa waktu kedepan.

Pihak BMKG menegaskan kepada semua masyarakan agar tetap tenang dan waspada. Selain itu, usahakan untuk enggak keluar rumah saat hujat lebat serta angin kencang dan petir.

Baca Juga : Konser Tunggal Berakhir, Seungri Bigbang Siap Menjalani Wamil?

“Bagi pengendara bisa menghindari genangan air dan enggak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat serta angin,” jelas Tony.