Astaga! Gunung Soputan Sudah Erupsi Tiga Kali Sejak Dini Hari!

By None, Minggu, 16 Desember 2018 | 10:27 WIB
Gunung Soputan Meletus (kompas.com)

CewekBanget.ID - Girls, ternyata di dini hari Minggu (16/12), Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mengalami erupsi sebanyak tiga kali, lho!

Berdasarkan pernyataan dari Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan, Asep Saifullah yang dikutip dari Antara, menyebutkan kalau berdasarkan pemantauan pihaknya, erupsi pertama terjadi pada pukul 01.02 WITA dengan amplitudo 40 milimeter dan ada suara gemuruh.

Erupsi kedua terjadi pada pukul 03.09 WITA, dengan tinggi abu mencapai 3 ribu meter dari puncak gunung. Abunya juga berwarna kelabu tebal yang mengarah ke tenggara.

Baca Juga : Selain Gunung Meletus, Ini Beberapa Situasi Berbahaya yang Bisa Terjadi Ketika Mendaki Gunung

Lalu, erupsi ketiga terjadi pada pukul 05.40 WITA yang terpantau 3 ribu meter dari puncak gunung dengan warna abu kelabu tebal yang mengarah ke barat daya.

Karena hal ini, masyarakat diminta enggak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan terlebih dahulu dengan radius 4,5-6 kilometer dari puncak. Masyarakat di sekitar juga diminta untuk menyiapkan masker kalau terjadi hujan abu di daerah terdampak.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara Ferry Uway mengungkapkan, pihaknya telah siaga mengantisipasi eskalasi dampak yang lebih besar dari erupsi Gunung Soputan. "Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker," kata dia. (*)

Baca Juga : Indonesia Rawan Bencana, Ketahui Peta Wilayah Rentan Tersapu Tsunami

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, "Sejak Minggu Dini Hari, Gunung Soputan Erupsi Tiga Kali"