Sebagian Kota Serang dan Cilegon Mulai Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Anak Krakatau

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 27 Desember 2018 | 11:51 WIB
Aktivitas Gunung Anak Krakatau (foto: twitter.com/@Sutopo_PN)

Cewekbanget.id – Status Anak Gunung Krakatau yang mulanya masih waspada level II kini telah ditingkatkan menjadi siaga level III.

Status ini dinaikan setelah adanya peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Aktivitas Gunung Anak Krakatau tersebut salah satunya ditunjukan dengan hujan abu vulkanik yang mulai terjadi di beberapa kota Provinsi Banten.

Baca Juga : Status Gunung Anak Krakatau Berubah Jadi Siaga Level III, Warga Wajib Hindari Radius 5 Km

Dilansir dari twitter resmi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, angin dominan ke arah barat daya membawa abu vulkanik erupsi Gunung Anak Krakatau dominan.

Sutopo juga menjelaskan kalau pada ketinggian terentu angin juga berhembus ke arah timur sehingga hujan abu dan pasir tipis terjad di Cilegon dan sebagian Serang.

Dalam pernyataan terulis, Sutopo juga menyebutkan kalau “Abu terlihat di permukaan mobil yang diparkir dan permukaan tanah.”

Aktivitas Gunung Anak Krakatau

Masih dalam pernyataan yang sama, ia juga menghimbau agar tetap berada di dalam rumah.

Jika berada di luar rumah, sebaiknya menggunakan masker dan kacamata agar tidak mengganggu pernapasan dan iritasi pada mata.

Terkait dengan peningkatan status Gunung Anak Krakatau menjadi waspada, masyarakat dan turis yang berkunjung diwajibkan tidak melakukan aktivitas dalam radius 5 Km.

(*)

Baca Juga : Erupsi Gunung Anak Krakatau Sebabkan Tsunami di Selat Sunda. Kenapa?