Ini 5 Cara Mengatasi Alergi Makanan Saat Jajan di Luar! Coba Yuk!

By Istihanah, Rabu, 13 Februari 2019 | 10:43 WIB
Alergi Makanan ()

Cewekbanget.ID - Punya alergi makanan emang sering ganggu banget. Padahal kita suka sama jenis makanan tersebut, tapi karena alergi, kita jadi pantang memakannya, deh.

Lebih apes lagi kalau misalnya kita enggak tahu bahan makanan yang yang dicampur di makanan kita. Tahu-tahu, udah alergi aja. Duh!

Alergi makanan bisa terjadi ketika sistem imun kita memberi respon yang enggak wajar terhadap jenis makanan tertentu.

Daphne Loh, dietitian dari Gleneagles Hospital, menyebutkan bahwa ada beragam gejala yang muncul ketika kita mengalami alergi, seperti gatal-gatal di bagian mulut, eczema, sakit di bagian abdomen, diare, muntah, bengkak pada bibir, wajah, lidah, atau pun tenggorokan.

Baca Juga : Tampil Seksi di Depan Anak SMA, Marion Jola Diprotes Netizen!

Reaksi paling parah adalah ketika muncul anaphylaxis, yakni reaksi karena alergi makanan yang bisa menyebabkan kita kesulitan bernapas, tekanan darah yang menurun drastis dan lemah jantung.

Nah, biar bisa mengatasi alergi dengan baik, yuk simak 5 tips yang dianjurkan oleh Daphne berikut!

Pilih tempat makan dengan hati-hati

Sebelum makanan di tempat makan tertentu kita perlu memilihnya dengan berhati-hati.

Misalnya kalau kita punya alergi sama kacang, maka kita bisa wajib menghindari restoran yang menjual makanan Thailand atau Chinese, mengingat bahan tersebut kerap digunakan sebagai campuran makanan mereka.

Baca Juga : Resmi Dilamar, Ini Perjalanan Cinta Irish Bella dan Ammar Zoni!

Pilih waktu yang tepat

Kalau perlu, kita juga harus memperhatikan waktu ketika berkunjung ke tempat makan tersebut.

Hindarilah jam-jam sibuk atau berkunjung di jam awal restoran buka. Di jam tersebut, kondisi dapur masih bersih, sehingga kemungkinan makanan kita terkontaminasi dengan bahan yang bikin alergi jadi berkurang.

Tanyakan bahan makanannya

Kita juga perlu menanyakan bahan makanan apa saja yang ada di dalam menu yang ingin kita pesan. Pastikan, pelayannya mencatat jenis makanan yang pantang kita konsumsi.

Bawa snack yang aman

Sebagai jaga-jaga kalau apes karena enggak ada menu di tempat makan tersebut yang bisa kita makan, kita bisa membawa camilan yang aman buat kita konsumsi, girls.

Baca Juga : Jangan Cuma ke Seoul, 4 Lokasi Wisata di Incheon Ini Juga Seru Banget!

Lihat label makanan

Memperhatikan label makanan juga penting, terutama saat kita sedang belanja bulanan.

Pastikan kita membaca label makanan tersebut dengan saksama sebelum membeli. Jangan sampai kita terpaksa harus membuangnya karena enggak membaca terlebih dahulu.

 

Indra Pramesti