4 Hal yang Wajib Kita Lakukan Saat Menjadi Korban Pelecehan Seksual!

By Istihanah, Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:00 WIB
Pelecehan Seksual ()

Cewekbanget.ID - Sebagai cewek, kita harus paham beberapa hal yang harus dilakukan saat kita menjadi korban pelecehan seksual.

Tindak pelecehan seksual bisa terjadi pada diri kita dimana saja dan dengan siapa saja.

Dan bentuk perilaku ini bisa berupa hal kecil seperti komentar atau pujian bahkan pelecehan besar seperti sentuhan fisik.

Supaya enggak terjadi hal dan lebih waspada dengan sekitar, kenali yuk hal yang harus dilakukan saat kita menjadi korban pelecehan seksual.

Baca Juga : Isi Chat Mesum Terungkap, Jonghyun ‘CNBLUE’ Hapus Foto di Instagram!

Menghindari

Siapapun pasti pernah dikomentari atau dipuji atau bahkan diganggu seseorang saat jalan di tempat umum.

Pakaian seksi atau terbuka, enggak selalu memicu perilaku kejahatan atau pelecehan seksual.

Pelaku bisa saja menyerang seseorang yang berpakaian tertutup karena terpicu hal yang mereka sukai.Saat terjadi hal seperti ini, jangan diam saja. Hindari orang tersebut ke tempat umum.

Kalau perlu cari perlindungan orang lain, seperti cari petugas keamanan atau polisi yang ada disekitar itu, sampai kita merasa aman.

Baca Juga : Go Internasional, Agnez Mo Menang Penghargaan Musik di Amerika!

Self Defence

Enggak masalah kalau kita belum bisa melakukan bela diri saat terjadi kondisi yang genting.

Bekali diri kita pakai self defence sederhana. Gunakan apapun yang ada dan dekat pada diri kita buat melindungi diri.

Misalnya menyemprotkan mata pelaku pakai parfum atau spray merica. Teriak juga bisa menjadi salah satu bentuk perlindungan diri.

Dengan sikap kita yang selalu waspada, tenang dan bisa mengendalikan situasi dengan baik, bisa melindungi diri kita dari pelaku kejahatan.

Jangan Jalan di Tempat Sepi 

Saat kita kepengin membeli sesuatu di malam hari atau pulang menuju rumah kita, hindari jalan di tempat sepi.

Kalau perlu cari seseorang yang kita kenal buat menemani supaya aman. Hindari kontak atau komunikasi saat kita berpapasan dengan orang asing.

Jangan mudah terhasut ajakan atau seseorang yang berusaha memberikan pertolongan kepada kita. Ingat, pelaku kejahatan punya berbagai trik untuk menipu kita. Hati-hati ya.

Baca Juga : 4 Cara Ini Dipercaya Dapat Hilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels!

Lapor

Saat kita diperlakukan enggak baik coba lapor kepada orang dewasa yang menurut kita nyaman. Menceritakan sesuatu yang bersifat tabu, kadang kala membuat kita merasa takut.

Makanya, banyak korban kekerasan atau pelecehan seksual enggak melaporkan keadaannya.

Pelaku pelecehan seksual yang ternyata orang terdekat kita, seperti anggota keluarga, guru atau pacar sendiri, bisa semakin membuat kita sulit membuka diri. Apalagi kalau kita berada di bawah ancaman orang tersebut.

Jangan pernah takut melapor walau kita berada di bawah ancaman terburuk, misalnya foto senonoh kita akan disebar luaskan.

Ceritakan secara detail termasuk ancaman yang diberikan kepada kita. Supaya orang lain bisa mencari solusi yang tepat tanpa bikin keadaan semakin rumit. (*)

 

Marti