Sama-sama Bisa Menimbulkan Infeksi, Ternyata Ini Beda Bakteri dan Virus yang Perlu Kita Tahu!

By Elizabeth Nada, Kamis, 4 April 2019 | 10:16 WIB
Drama Blood (foto : KBS)

Cewekbanget.id - Girls, kedua istilah ini pasti sudah enggak asing lagi dan sering kita dengar, kan? Tapi mungkin ada banyak dari kita yang masih bingung membedakan bakteri dan virus, ya. Yup! Keduanya memang bisa menyebabkan penyakit, seperti flu ataupun batuk. Baik virus ataupun bakteri, keduanya juga menyerang tubuh manusia dan menyebabkan infeksi. Tapi girls, sebenarnya bakteri dan virus merupakan dua jenus mikroba yang berbeda. Makanya, infeksi virus dan bakteri akan menyebabkan penyakit yang berbeda. Tentu saja, penanganan dan pengobatan penyakit akibat virus dan bakteri yang juga berbeda. Baca Juga : Ramalan Zodiak Hari Ini, 4 April 2019. Aries Lagi Pengin Sendirian! Penasaran dengan perbedaan keduanya? Ini dia perbedaan virus dan bakteri yang perlu kita ketahui, girls! Biar enggak salah lagi, he-he. Bakteri bisa hidup dimana saja, Virus perlu media atau inang Sekalipun kita sudah mandi, bakteri tetap bisa hidup dimanapun, termasuk di tubuh kita, lho! Hal ini dikarenakan bakteri termasuk mikroba di keluarga Prokaryotes yang punya sifat bisa hidup dimana pun. Bisa hidup dimanapun ini berarti bakteri bisa hidup di berbagai kondisi lingkungan, termasuk lingkungan ekstrem seperti lingkungan yang sangat panas maupun yang sangat dingin. Selain itu, bakteri juga bisa hidup di lingkungan yang mengandung radioaktif, hingga hidup di dalam tubuh manusia seperti di dalam usus.

Ilustrasi bakteri Escherichia coli

Sehingga bakteri bisa berkembang biak sendiri dengan cara membelah diri tanpa membutuhkan inang atau media. Walaupun begitu, tentunya kita harus tetap rajin menjaga kebersihan tubuh misalnya dengan rajin mandi dan cuci tangan untuk mencegah penyebaran bakteri. Berbeda dengan bakteri, virus adalah mikroba yang enggak bisa hidup atau berkembang biak tanpa media atau inangnya, yaitu makhluk hidup. Makanya girls, saat virus menempel di tubuh kita, inilah yang dapat menimbulkan penyakit. Biasanya, virus akan menempel di suatu sel dan mengambil alih sel tersebut untuk berkembang biak. Baca Juga : Bukannya Serem, Ini 3 Zodiak Cewek yang Tingkahnya Menggemaskan Saat Cemburu!Virus yang sudah menempel di sel biasanya akan mengembangkan virus lain sampai sel tersebut mati. Ada juga kondisi dimana virus akan mengubah sel normal menjadi sel yang berbahaya bagi tubuh. Duh! Ukuran virus juga jauh lebih kecil dibanding bakteri. Virus memiliki material genetik seperti RNA atau DNA. Hanya 1% bakteri menyebabkan penyakit, sementara itu sebagian besar virus menyebabkan penyakit Dari banyaknya jenis bakteri, ternyata cuma 1% saja yang bisa menyebabkan penyakit, lho! Bahkan, seperti dilansir dari Bobo.id, kebanyakan bakteri justru berguna bagi manusia. Misalnya saja, membantu mencena makanan, melawan mikroba penyebab penyakit, melawan sel kanker bahkan menyediakan nutrisi yang bermanfaat.

Drama Korea

Baca Juga : Keren! Koleksi Terbaru Converse 

 Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah radang tenggorokan, tuberkulosis, difteri hingga infeksi saluran kencing. Sementara itu, sebagian besar virus akan menyebabkan penyakit, girls. Virus juga menimbulkan penyakit yang lebih beragam, mulai dari penyakit ringan hingga berat, seperti flu dan cacar air hingga penyakit seperti polio maupun HIV/AIDS. Virus juga dapat menyerang sel-sel tertentu seperti sel pankreas, sistem pernafasan hingga menyerang darah. Dalam beberapa kasus ternyata virus juga bisa menyerang bakteri yang ada dalam tubuh kita, lho. Baca Juga : Prediksi Keuangan Zodiak di Bulan April 2019. Aries dan 2 Zodiak Ini Paling Makmur! Perbedaan cara pengobatan infeksi bakteri dan infeksi virus Walau sama-sama menimbulkan infeksi, pengobatan akan infeksi bakteri dengan infeksi virus punya cara yang berbeda, girls.Saat kita terkena penyakit akibat infeksi bakteri, maka penyakit tersebut bisa diobati dengan mengonsumsi antibiotik. Pastinya sesuai dosis atau resep dokter, ya. Fyi, sebaiknya kita mengonsumsi antibiotik saat kita memang membutuhkannya. Soalnya, ketika kita mengonsumsi antibiotik secara terus-menerus meskipun enggak sakit, bakteri jadi bisa beradaptasi dan kebal sama antibiotik tersebut. Baca Juga : Tetap Stunning, Intip 6 Pas Foto Idol Kpop yang Tetap Memukau! Sementara itu, ketika terkena penyakit akibat infeksi virus, kita justru enggak boleh mengonsumsi antibiotik. Karena antibiotik enggak akan bekerja secara efektif dalam melawan virus. Bisa dikatakan, sebenarnya pengobatan penyakit akibat infeksi virus memang sulit dilakukan, soalnya ukuran virus yang kecil dan perkembangbiakan virus yang terjadi di dalam sel. Tapi sudah ada penyakit akibat virus yang bisa kita temuakn obatnya, seperti flu. Namun, kita tetap bisa melakukan pencegahan terhadap virus dengan cara melakukan vaksin. Yup! Ada banyak vaksin yang sekarang bisa kita lakukan untuk pencegahan penyakit akibat infeksi virus. Dengan vaksin, ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dan tidak menyerang tubuh, seperti polio, cacar dan juga campak. Ada juga vaksin untuk mencegah penyakit hepatitis A dan B serta beberapa penyakit lainnya. Baca Juga : Mata Sering Berkedut? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan, Girls! Itu dia perbedaan virus dan bakteri yang perlu kita ketahui. So..jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh ya, girls! (*) Artikel ini pernah tayang di Bobo.id dengan judul "Keduanya Bisa Menimbulkan Infeksi, Apa Bedanya Bakteri dan Virus?"