Status Gunung Slamet Waspada, Cari Tahu 4 Jenis Status Gunung Berapi, Yuk!

By Elizabeth Nada, Sabtu, 10 Agustus 2019 | 21:15 WIB
Wasapda Gunung Slamet, kepoin level status gunung, yuk! (KOMPAS.com/Fadlan Mukhtar Zain)

Cewekbanget.id - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah, sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif, memang sedang jadi sorotan beberapa waktu ini ya.

Fyi, sampai saat ini masih ada sekitar 68 gunung berapi yang aktif dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Sejak 9 Agustus 2019, status Gunung Slamet pun dinaikkan, dari status normal (level I) menjadi waspada (level II). Hal ini disampaikan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dilansir dari Kompas.com.

“Pada hari ini tanggal 9 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB, Gunung Slamet ditingkatkan statusnya dari normal atau level I menjadi waspada atau level II,” kata Kepala PVMBG Kasbani, saat konferensi pers di Kantor PVMBG, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (9/8/2019) seperti yang dikutip cewekbanget.id dari Kompas.com.

Baca Juga: 7 Buah Penurun Kolesterol di Sekitar Kita. Idul Adha Enggak Perlu Khawatir Lagi!

Yup, alasan PVMBG menaikan status Gunung Slamet dikarenakan terjadi aktivitas vulkanik cukup tinggi sejak bulan Juli 2019 hingga sekarang.

Nah..membahas tentang status gunung berapi, sudah tahu belum apa saja level atau jenis status gunung berapi di Indonesia?

Biar kita lebih waspada adan berhati-hati, dilansir dari kompas.com dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, ini dia 4 jenis status gunung berapi beserta penjelasan lengkapnya yang wajib kita ketahui!

Baca Juga: Makin Mesra, Camila Cabello Ikut Rayakan Ulang Tahun Shawn Mendes Bareng Keluarga