#Hadapi Corona, Ini Cara Tepat Memakai & Mencuci Masker Kain!

By None, Jumat, 17 April 2020 | 17:10 WIB
Ilustrasi Masker Kain ()

CewekBanget.ID - Untuk mencegah penyebaran virus Corona yang makin masif di Indonesia, pemerintah telah menghimbau masyarakat buat selalu memakai masker kain kalau harus berpergian keluar rumah.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pengunaan masker kain dianggap bisa memperlambat penyebaran virus.

Kalau kita memakai masker kain, kita bisa membantu supaya enggak menularkan virus ke orang lain.

Baca Juga: Bukan N95, Masker Kain Jenis Ini Lebih Disarankan Buat Dipakai!

Namun yang harus kita perhatikan adalah masker kain enggak bisa dipakai sembarangan.

Ada cara tepat memakai masker kain, hingga mencuci masker kain tersebut biar enggak berbahaya buat kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, masker kain sebaiknya digunakan cuma 4 jam, enggak boleh lebih dari itu.

"Sesuai hasil penelitian, Masker kain dapat menangkal virus sebesar 70%. Dengan demikian masyarakat diharapkan, untuk tetap jaga jarak, saat berada di keramaian, minimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah," kata Wiku di Kantor BNPB, Minggu (5/4/20), seperti dikutip dari Kompas.tv.

Baca Juga: Sabun Biasa VS Sabun Antibakteri, Mana Lebih Bagus Cegah Virus Corona?

Nah, setelah dipakai, sebaiknya masker kain langsung segera dicuci bersih menggunakan air panas!

Hal itu diungkapkan langsung oleh direktur Leadership Center for Nursing Education Research, Universitas Widener di Pennsylvania, Amerika Serikat, Darrell Spurlock seperti dilansir dari Medical Daily.

Menurutnya untuk memastikan virus dan kotoran hilang, mencuci masker kain disarankan menggunakan air panas dan detergen.

“Pencucian normal untuk masker yang terbuat dari kain pakaian, termasuk mengeringkan masker setelah dengan air panas, harusnya cukup untuk menghilangkan inokulasi virus corona," ungkap Spurlock.