#HadapiCorona, Ternyata Ini Bahaya Memakai Makeup Saat Pakai Masker!

By Marcella Oktania, Rabu, 29 April 2020 | 15:31 WIB
Memakai makeup saat memakai masker (allure.com)

CewekBanget.ID - Karena penyebaran virus Corona yang makin masif dan makin banyak orang yang positif Corona tanpa menunjukkan gejala, enggak mengherankan kalau pihak World Health Organization (WHO) dan pemerintah sekarang menyarankan kita untuk menggunakan masker ketika berpergian atau sedang sakit.

Namun karena enggak mau kelihatan enggak menarik, akhirnya kita sebagai cewek tetap menggunakan masker ketika memakai masker, nih!

Masalahnya, tahukah kamu kalau memakai makeup ketika memakai masker bisa berbahaya?

Baca Juga: Bukan N95, Masker Kain Jenis Ini Lebih Disarankan Buat Dipakai!

Dikutip dari Allure, dokter penyakit menular di Stanford Health Care, Anne Liu menyarankan semua orang untuk menghapus makeup terlebih dahulu sebelum memakai masker, entah itu masker bedah atau masker kain.

Ini karena begitu masker terkena makeup walaupun sedikit, masker tersebut sudah terkontaminasi dan bisa membuat kita jadi rentan kena Corona kalau masih tetap dipakai, lho!

Dokter penyakit menular dari Boston Medical Center, Cassandra Pierre juga berpendapat sama. Begitu masker yang kita pakai kena makeup, makeup tersebut ternyata bisa merusak kain, membuat masker jadi kurang efektif menangkal virus. 

Baca Juga: #Hadapi Corona, Ini Cara Tepat Memakai & Mencuci Masker Kain!

Lengkapnya, makeup juga bisa mengurangi keefektifan masker yang kita pakai untuk menyaring udara yang bisa jadi sudah terkontaminasi sama virus Corona.

Parahnya lagi, Cassandra Pierre juga menambahkan kalau bukan cuma makeup yang bisa mengotori dan mengontaminasi masker, tapi juga sunscreen dan skincare!

Kalaupun ingin memakai skincare dan sunscreen, Pierre menyarankan kita memakai yang ringan dan tipis atau menunggu hingga skincare dan sunscreen benar-benar menyerap sempurna ke kulit kita sebelum memakai masker.

Intinya, kalau makeup, skincare, dan sunscreen masih bersisa di tangan kita ketika disentuh, tandanya masker yang kita pakai bakalan terkontaminasi!

Beruntungnya, kita bisa tetap memakai makeup, selama makeup tersebut enggak menyentuh masker, seperti di bagian mata!

(*)

Baca Juga: Jangan Buang Masker Bekas Sembarangan, Bisa Sebar Virus Corona!