Mau Daftar UI? Ini Info Lengkap Penerimaan S1 SIMAK UI 2020!

By Marcella Oktania, Selasa, 5 Mei 2020 | 15:15 WIB
Universitas Indonesia ()

CewekBanget.ID - Siapa sih yang enggak pengin masuk Universitas Indonesia (UI)?

Enggak heran, UI sendiri termasuk salah satu universitas terbaik di dunia dan Indonesia, sehingga banyak banget yang pengin menjadi mahasiswa di sana dan jadi lulusan salah satu universitas kece di Indonesia.

Namun kalau kita gagal masuk UI lewat jalur SNMPTN atau ketinggalan SBMPTN, kita masih tetap bisa masuk UI lewat jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI!

Baca Juga: Gagal SNMPTN? Ini 3 Cara Lain Masuk Universitas Negeri Impian!

Pendaftaran & biaya

Untuk pendaftaran SIMAK UI, kita bisa langsung melakukannya secara online melalui situs resminya, yaitu di penerimaan.ui.ac.id.

Untuk sementara kita bisa buat akun, tapi untuk pendaftarannya harus menunggu tanggal pendaftaran yang sudah ditetapkan, yaitu tanggal 19 Juni 2020 hingga 19 Juli 2020 untuk S1 Reguler, S1 Pararel, atau Vokasi/D3 dan tanggal 12 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020 untuk S1 Internasional.

Kalau sudah bisa mendaftar, kita bisa langsung isi data diri lengkap, foto, pendidikan terakhir, nilai rapor semester 1-6 (dari kelas X hingga XII), dan melakukan pembayaran. 

Untuk jalur S1 Internasional, data yang diperlukan adalah data diri lengkap, foto, pendidikan terakhir, nilai rapor semester 1-6 (dari kelas X hingga XII), mengunggah sertifikat TOEFL/IELTS, dan melakukan pembayaran.

Untuk biayanya sendiri bergantung dengan berapa banyak pilihan program studi, nih!

Kita bakal dikenakan biaya Rp 400.000 untuk 2 pilihan program studi IPA atau IPS untuk program pendidikan S1 Reguler, S1 Pararel, dan Vokasi/D3.

Kalau mau mengambil 3 program studi IPA, IPS, atau IPC, kita bakal dikenakan biaya Rp 500.000.

Menambah pilihan menjadi lebih dari 3 bakal dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 60.000, ya.