PPDB Online DKI Jakarta Dibuka Tanggal 15 Juni 2020, Cek Jadwalnya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 19 Mei 2020 | 13:35 WIB
Ilustrasi Mimpi Sekolah (foto : netflix)

CewekBanget.ID - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di seluruh Indonesia mengalami penyesuaian sehubungan dengan imbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di Indonesia sejak pandemi COVID-19 melanda dunia.

Meski secara umum jalur penerimaan calon peserta didik baru masih sama khususnya bagi pendaftar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dihapuskannya Ujian Nasional (UN) pun membuat seleksi afirmasi dengan nilai UN diganti dengan sistem seleksi usia.

Untuk mengecek jadwal PPDB tahun ini bagi tingkat SMP, SMA, dan SMK, simak di halaman selanjutnya ya, girls!

Baca Juga: Ada 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat PPDB SMP 2020. Wajib Tahu!

PPDB Online

Sama seperti tahun sebelumnya, terdapat 4 jalur penerimaan peserta didik baru, yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi non-akademik, dan perpindahan orang tua atau anak guru.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Nahdiana dalam teleconference bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Senin (11/5/2020) sebagaimana dilansir dari Kompas.com Selasa (19/5/2020), yang berbeda dari PPDB tahun ini adalah pelaksanaan yang dilakukan sepenuhnya secara daring (online).

Jadi, mulai dari teknis pendaftaran, verifikasi berkas, hingga pengumuman hasil seleksi dan pelaporan diri dapat dilakukan secara daring melalui situs yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Sedangkan untuk calon peserta didik yang kesulitan mengakses internet, Disdik DKI Jakarta berencana menyiapkan posko-posko di setiap Suku Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah atau kota, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Perubahan Sistem Seleksi

PPDB DKI Jakarta