Selamatkan Lingkungan dengan Zero Waste! Yuk Mulai dari Sekarang!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 17 Juni 2020 | 19:10 WIB
Alang Alang Zero Waste Store ( )

CewekBanget.ID - Tahu enggak girls, seberapa banyaknya sampah di Indonesia?

Dilansir dari Kompas.com pada Rabu (17/6/2020), Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 190.000 ton setiap harinya berdasarkan data pada tahun 2019!

Sehingga apabila dibiarkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan melebihi kapasitasnya dan enggak lagi bisa mengatasi sampah-sampah tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Green Beauty? Kekinian Namun Tetap Cinta Lingkungan!

Hal tersebut jadi salah satu alasan utama gerakan zero waste yang sudah populer di negara-negara maju.

Dan kini digandrungi di Indonesia sebagai solusi jangka panjang untuk penanganan dan pengurangan sampah dan limbah, khususnya ketika kita sudah mulai paham mengenai bahaya kerusakan lingkungan.

Zero Waste

Sampah di Bali

Gerakan zero waste atau bebas sampah dalam bahasa Indonesia adalah suatu upaya konservasi sumber daya yang melibatkan produksi, konsumsi, penggunaan kembali, dan pemulihan produk hingga kemasannya.

Sederhananya, zero waste adalah suatu gerakan untuk enggak menghasilkan sampah dengan cara mengurangi kebutuhan, menggunakan kembali, mendaur ulang, bahkan membuat kompos sendiri.

Alih-alih membuang sumber daya, penganut gaya hidup zero waste bertujuan untuk membuat sistem agar semua sumber daya dapat dikembalikan sepenuhnya ke alam.

Gerakan ini enggak melibatkan pembakaran dan penimbunan seperti yang umumnya dilakukan pada limbah, sehingga dapat melestarikan dan memulihkan semua sumber daya.