Ini 4 Tanda Kita Berkencan dengan Orang Antisosial. Hati-hati!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 23 Juni 2020 | 11:10 WIB
Toxic relationship. (Foto: Telegraph)

CewekBanget.ID - Mungkin kita sering mendengar kata 'psikopat' untuk mendeskripsikan karakter seseorang yang kerap melakukan pembunuhan atau punya obsesi yang enggak sehat.

Sebetulnya diagnosis medis terdekat atas representasi stereotip psikopat dalam budaya populer adalah gangguan kepribadian antisosial.

Jenis gangguan kepribadian ini dapat jadi berbahaya dan enggak mudah dikenali, apalagi jika kita sedang menjalani hubungan dengan orang yang memiliki gangguan tersebut.

Jadi sebaiknya kita kenali tanda-tandanya agar enggak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan ke depannya, ya!

Baca Juga: Curigaan & 4 Tanda Kalau Ternyata Kita Penyebab Toxic Relationship!

Psikopat atau ASPD?

Pada dasarnya, kata 'psikopat' enggak menjelaskan kondisi medis yang sebenarnya.

"Orang-orang menggunakan kata 'psikopat' dalam bahasa sehari-hari untuk menggambarkan seseorang yang perilakunya menentang norma-norma sosial dan pemahaman konvensional tentang benar dan salah," kata Kelly Scott, terapis di Tribeca Therapy di Manhattan, kepada Insider seperti dilansir dari Kompas.com pada Senin (22/6/2020).

"Dari sudut pandang klinis, kata 'psikopat' tidak berarti apa-apa," lanjut Scott.

Scott mengatakan, diagnosis terdekat yang mencerminkan representasi stereotip psikopat dalam budaya populer adalah gangguan kepribadian antisosial atau antisocial personality disorder (ASPD).

Menurut Mayo Clinic, ASPD adalah gangguan mental yang menyebabkan orang enggak menghargai benar atau salah, empati, atau kesejahteraan orang lain.