Mesin Mobil Mati di Rel Kereta Api? Jangan Panik, Lakukan Ini!

By Marcella Oktania, Sabtu, 8 Agustus 2020 | 11:00 WIB
Rel kereta api (kompas.com)

CewekBanget.ID - Pernah enggak merasakan mesin mobil tiba-tiba mati ketika kita ingin melewati rel kereta api, terutama saat kereta api akan melintas?

Yang bakal kita lakukan adalah langsung panik untuk menyalakan mesin mobil, sehingga bisa cepat keluar dari perlintasan kereta api dan terselamatkan.

Namun, kepanikan malah bikin mesin mobil bakalan jadi sulit nyala, lho!

Baca Juga: Cara Mengatasi Mual Akibat Main Handphone di Dalam Mobil. Ampuh!

Ternyata, kita cuma butuh membunyikan klaskon mobil untuk menyalakan kembali mesin mobil kita yang mati di rel kereta api, girls!

Penyebab mesin mobil mati

Dikutip dari Kompas.com, menurut Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, sebenarnya penyebab utama mesin mobil kita bisa mati ketika lagi melewati rel kereta api yang dalam waktu dekat dilewati kereta api adalah kepanikan kita sendiri, lho!

Karena takut kereta lewat duluan saat melintas, kita malah jadi kehilangan keseimbangan untuk mengatur mesin kendaraan yang menyebabkan mesin jadi tiba-tiba mati.

Namun kalau dikutip dari banyak sumber, banyak orang percaya kalau rel kereta api bisa menghantarkan listrik dan magnet yang tinggi karena adanya gesekan.

Listrik dan magnet tersebut bakalan berkumpul selama berjam-jam lamanya, sehingga bisa jadi membuat salah satu mesin mobil atau motor menjadi mati tiba-tiba.

Nah, cara memutus magnet dan listrik tersebut, seperti dilansir dari Tribunnews adalah dengan membunyikan klakson secara terus-menerus sambil kita mencoba menyalakan mesin kendaraan.

Dengan membunyikan klakson, kita memutus magnet dan listrik yang mematikan mesin kendaraan kita, nih. 

Jadi kalau lain kali mesin mobil mati ketika kita lagi berada di rel kereta api, jangan jadi panik, ya. Bunyikan klakson dan nyalakan kembali mesin mobil seperti biasa!