Mahasiswa Wajib Nyimak, Gini Panduan Etika Mengirim Chat dan Email!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 25 Februari 2022 | 19:30 WIB
Chatting (shutterstock)

CewekBanget.ID - Etika berkirim dan membalas pesan dengan guru, dosen, serta tenaga pengajar dan staf lainnya telah sejak lama menjadi bahan diskusi di antara para siswa atau mahasiswa.

Bagaimana enggak, di era digital sekarang ini, kita dapat lebih mudah bertukar pesan sekaligus mengirimkan berkas-berkas kepada orang lain dengan lebih mudah.

Tapi sayangnya, kemajuan ini kadang enggak berjalan beriringan dengan peningkatan etika dan sopan-santun dalam memperlakukan orang lain, khususnya orang yang lebih senior seperti guru dan dosen, di ruang chat atau e-mail.

Jadi buat para mahasiswa, calon mahasiswa, atau siswa sekolah dan semua orang secara umum, perhatikan sejumlah etika umum dalam mengirim chat dan e-mail, ya.

Ini akan membantu menentukan image kita di hadapan orang tersebut nantinya.

Balas Pesan di Waktu yang Tepat

Pesan singkat dan e-mail memang bisa dibaca dan dibalas kapan saja.

Tapi kalau kita membalas atau mengirim pesan ke guru, dosen, atau orang lain di tengah malam atau saat waktunya libur, tentu saja ini bukan hal yang sopan.

Ditambah lagi, biasanya kita akan lebih kesulitan merangkai kata-kata dan menyampaikan tujuan yang lebih baik saat malam sudah larut dan kita sudah kelelahan.

Baca Juga: Jangan Pernah Dicoba, Ini Chat yang Bakal Bikin Cowok Menjauh!

Jadi biasakan untuk membalas pesan dan e-mail di jam dan hari kerja.

Kecuali kalau kita memang sudah sepakat dengan seseorang bahwa kita bisa meminjam waktu kosong mereka untuk bertukar pesan tentang sesuatu yang penting.