Youth Choice Award 2022 Ungkap Merek Pilihan Gen Z, Tokopedia Rajai Kategori e-Commerce

By Fathia Yasmine, Selasa, 5 April 2022 | 11:10 WIB
Tokopedia Tower (Dok. Tokopedia)

CewekBanget.id – Marketeers, majalah bisnis, marketing, dan entrepreneurship, kembali menggelar survei Youth Choice Award (YCA) 2022.

Buat kamu yang belum tahu, YCA merupakan penghargaan bagi merek-merek pilihan gen Z. Untuk mengetahui merek-merek yang menjadi pilihan generasi tersebut dilakukan voting online yang berlangsung sejak 4 Januari hingga 28 Februari 2022.

Terdapat 34 kategori merek produk yang dinominasikan dalam survei ini, beberapa di antaranya adalah aplikasi perpesanan, media sosial, minimarket, hingga platform aset kripto dan e-commerce.

Proses voting melibatkan 1.500 mahasiswa gen Z dari berbagai kampus yang tersebar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Malang, dan Surabaya.

Baca Juga: Ini Lho 4 Cara PDKT Lancar dan Luluhkan Hati Cowok Bergolongan Darah A

Dari hasil voting online, YCA kemudian membagi merek yang menjadi pemenang ke dalam tiga peringkat, yakni gold untuk pemenang pertama, silver untuk pemenang kedua, dan bronze untuk pemenang ketiga.

Pada kategori e-commerce, Tokopedia menjadi merek paling dipilih oleh gen Z dan meraih predikat gold. Posisi kedua atau silver, diraih oleh Shopee dan ketiga atau bronze oleh Bukalapak. 

Dilansir dari Marketeers, Kamis (31/3/2022), pemilihan Tokopedia di posisi pertama diketahui karena banyaknya dukungan gen Z pada e-commerce yang berdiri sejak 2009 tersebut. Selain itu, tampilan aplikasi yang ramah pengguna dan nyaman pun dianggap sebagai nilai tambah.

Ditambah lagi dengan adanya inisiatif Hyperlocal yang dapat mendekatkan penjual ke pembeli terdekat, lalu fitur live shopping di Tokopedia Play juga dianggap memudahkan gen Z untuk melihat produk secara langsung, sekaligus berinteraksi dengan penjual.

Baca Juga: Kabar Zodiak Selasa, 5 April 2022: Saatnya Bersenang-senang, Leo!

Menanggapi kemenangan tersebut, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengungkapkan rasa syukurnya. Ia berharap, penghargaan YCA 2022 dapat menjadi pemantik semangat Tokopedia agar bisa terus berinovasi.

“Mewakili Tokopedia, saya ingin mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang diberikan kepada kami melalui penghargaan ini. Semoga penghargaan ini bisa memotivasi kami untuk terus berinovasi dan berkarya memberikan yang terbaik di setiap sisi kehidupan masyarakat, termasuk bagi gen Z,” ujar Lissa.