Kisah Dua Srikandi Masa Kini Wujudkan Kesetaraan Gender Lewat Berjualan Online

By Fathia Yasmine, Senin, 25 April 2022 | 18:00 WIB
Hasil karya Dekayu (DOK. Tokopedia)

CewekBanget.id – Raden Ajeng Kartini atau Ibu Kartini merupakan salah satu sosok penting dalam perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia.

Berkat jasa dan kegigihannya, perempuan masa kini bisa menempuh pendidikan tinggi hingga punya kesempatan berkarier yang setara dengan laki-laki.

Untuk mengenang perjuangannya, pemerintah kemudian menetapkan hari lahir Ibu Kartini pada tanggal 21 April untuk diperingati sebagai Hari Kartini. Penetapan ini dilakukan Presiden RI pertama, Soekarno, pada 1964.

Namun, upaya perempuan untuk mewujudkan kesetaraan gender tidak berhenti pada perjuangan Ibu Kartini di masa lampau.

Perempuan masa kini juga masih dihadapkan dengan berbagai ketidakadilan berbasis gender yang menghambat perempuan untuk mandiri dan berkontribusi di masyarakat.

Baca Juga: Alca Octaviani Akan Dinikahi Bintang Emon, Arief Muhammad Bongkar Sifat Keduanya

Salah satu upaya yang bisa dilakukan kaum perempuan untuk merobohkan hambatan tersebut adalah dengan memiliki usaha sendiri.

Dengan begitu, perempuan tidak hanya berdaya secara finansial, tetapi juga memberi nilai tambah bagi masyarakat.

Motivasi ini yang dimiliki oleh Yaniar Fernanda, seorang perempuan di balik usaha furnitur kayu asal Yogyakarta, Dekayu.

Perempuan yang akrab disapa Nia ini berhasil memberdayakan sejumlah perajin kayu dan ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca Juga: Resep dessert dari jepang yang menggemaskan, raindrop cake - IMG

Lewat usaha yang dirintisnya secara online melalui Tokopedia, Nia berhasil menjual berbagai peralatan makan dan dekorasi rumah berbahan dasar kayu jati dan serat alam.