Saatnya Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya di Jagantara!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:45 WIB
Instalasi Heritage Diplomacy di gelaran Jagantara yang berlokasi di ASHTA District 8 Jakarta. (CewekBanget.ID/Fatimah)

CewekBanget.ID - Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia sangat kaya akan berbagai macam warisan budaya.

Bagaimana enggak, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 400 suku bangsa dengan ciri khas dan budayanya masing-masing, lho!

Ditambah dengan momen perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia ke-77 yang masih terasa euforianya, enggak lengkap rasanya bicara soal melestarikan warisan budaya Indonesia kalau kita belum berkunjung ke pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara).

Apa saja yang bisa kita dapatkan dari pameran Jagantara ini, ya?

Jagantara dan Pelestarian Budaya Indonesia

Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) adalah sebuah pameran kebudayaan Indonesia yang telah berlangsung sejak 29 Juli 2022 dan akan berakhir pada 21 Agustus 2022.

Diselenggarakan oleh Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation, Jagantara menjadi sarana untuk menghargai kekayaan budaya Indonesia.

Perkembangan zaman dan teknologi yang perlahan mengikis unsur budaya seperti kesenian dan adat istiadat khas Nusantara menjadi latar belakang digelarnya Jagantara ini.

Founder WBI Foundation Yanti Airlangga menjelaskan, Jagantara bertujuan mendorong kaum muda untuk ikut mewariskan budaya bangsa.

Baca Juga: Remaja Makin Cinta Budaya Indonesia, Yuk Kunjungi Gelaran Jagantara!

"Kami mengajak generasi muda untuk bersama-sama ikut melestarikan budaya Indonesia," jelas Yanti Airlangga dalam konferensi pers Jagantara di Ashta District 8, Jakarta.

"Sebisa mungkin, kemana pun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita," lanjutnya.