Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Definisi Misogini dan Seksisme!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual (Tribunnews)

CewekBanget.ID - Seiring berjalannya waktu, kita mungkin semakin terpapar oleh informasi dan pengetahuan seputar isu-isu perempuan dan kelompok rentan.

Berita dan informasi tentang perjuangan perempuan, pelecehan, kekerasan seksual, dan banyak hal lain lebih cepat tersebar melalui media dan internet.

Di tengah paparan pengetahuan ini, kita juga mungkin cukup sering mendengar istilah misogini dan seksisme.

Ini istilah yang enggak asing dalam perbincangan seputar perempuan, dan sayangnya, masih menjadi alasan atas kekerasan yang dialami oleh perempuan.

Meski sekilas tampak mirip dan faktanya saling berkaitan, sesungguhnya misogini dan seksisme adalah 2 hal yang berbeda.

Kenali dulu definisinya supaya paham, ya!

Misogini

Pernah mendengar istilah misogini atau pelakunya yang disebut misoginis?

Misogini didefinisikan sebagai sikap budaya kebencian terhadap perempuan, enggak lain karena eksistensinya sebagai perempuan, menurut Allan G. Johnson dalam The Blackwell Dictionary of Sociology: A User's Guide to Sociological Language.

Hal ini merupakan bagian dari prasangka seksis dan ideologi, yang menjadi landasan penindasan terhadap perempuan dalam masyarakat patriarki yang didominasi laki-laki.

Selain itu, misogini sering diterapkan pada perempuan yang dianggap enggak bersikap sesuai 'kodrat' dan 'norma' yang berlaku dalam masyarakat, yang kerap mengacu pada standar patriarkal.

Baca Juga: Masih Marak, Cegah Pelecehan Seksual di Ruang Publik dengan Cara Ini!