5 life skill sukses di masa depan yang mudah kamu pelajari  

By Nana Triana,ADV PI, Jumat, 4 November 2022 | 11:15 WIB
Membangun life skill sejak dini bersama Kumon untuk meraih kesuksesan di masa depan. (Dok. Kumon)

 

Cewekbanget.ID - Pada era modern saat ini, pendidikan akademis bukanlah satu-satunya modal utama untuk menggapai cita-cita. Ada banyak keterampilan hidup atau life skill yang harus dipelajari, terutama ketika kamu beranjak dewasa, agar bisa menjadi pribadi yang mandiri.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), life skill merupakan kemampuan untuk bisa beradaptasi dan memperlihatkan perilaku positif agar seseorang mampu untuk menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari dengan efektif.

Apalagi di zaman yang semakin kompetitif, persaingan antar individu menjadi semakin ketat. Oleh sebab itu, life skill perlu dilatih sejak dini. Girls, berikut ini beberapa life skill yang sebaiknya kamu pelajari untuk bekal di masa depan.

1. Komunikasi

Salah satu life skill yang harus kamu kuasai sebelum beranjak dewasa adalah komunikasi. Komunikasi mengacu pada kemampuan untuk bisa memberikan informasi kepada orang lain, baik secara verbal, tertulis, maupun melalui bahasa tubuh.

Baca Juga: Segar tapi Mematikan, Ini 4 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Komunikasi merupakan salah satu kemampuan paling penting yang harus dimiliki setiap orang. Oleh sebab itu, penting untuk melatih kemampuan komunikasi, seperti public speaking, bahasa tubuh, serta mampu mempresentasikan gagasan atau ide penting untuk dilakukan.

2. Berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis data atau fakta yang ada untuk mendapatkan kesimpulan serta solusi dari suatu masalah yang sedang dihadapi. Keterampilan untuk berpikir kritis juga sangat dibutuhkan seseorang untuk bisa menganalisis informasi dan memastikan kebenarannya.

3. Mengendalikan emosi

Mengendalikan emosi sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Emosi yang dapat dikendalikan dengan baik akan membuat seseorang tidak mudah marah ketika dihadapkan suatu masalah dan cenderung lebih tenang.

Kecakapan mengendalikan emosi akan membuat seseorang lebih mudah untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu hal, termasuk ketika belajar atau mengerjakan tugas sekolah.