Mulai Pulih, Ini Data Tren Wisata 2022 Kemenparekraf dan Tiket.com

By Marcella Oktania, Jumat, 23 Desember 2022 | 08:00 WIB
Gaery Undarsa - Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com bersama Sandiaga S. Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam Webinar Nasional bertajuk new Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023 ()

CewekBanget.ID - Seperti yang kita tahu, pandemi COVID-19 menjadikan semuanya jadi serba sulit.

Salah satu yang terdampak adalah sektor pariwisata di Indonesia.

Pandemi COVID-19 membuat wisatawan jadi sulit berwisata di Indonesia, entah itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. mengatakan bahwa walaupun kita berada di dalam situasi menantang, terdapat beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan demi kebangkitan pariwisata nasional.

“Kita terus menyokong program yang berbasis 3G yakni GERCEP yakni Bergerak Cepat, GEBER yakni Bergerak Bersama salah satunya dengan tiket.com, dan GASPOL yakni garap semuapotensi untuk menciptakan lapangan kerja.

Mari kita tingkatkan kolaborasi serupa di 2023, semua target bisa dicapai selama kita terus berkolaborasi dan kami ingin mengajak tiket.com dan semua pihak lainnya untuk bersama fokus dalam mengembangkan program-program utama di 2023,” tambah Sandiaga Uno.

Data tren wisata 2022

Untungnya, keadaan di tahun 2022 ini mulai berangsur pulih, sehingga kita pun sebagai wisatawan juga mulai bisa bebas liburan seperti dulu lagi.

Dari mulai bebasnya tren wisata di tahun 2022, Kemenparekraf RI dan tiket.com sempat berdiskusi terkait paradigma baru pariwisata, yang terdiri dari Wellness Tourism, Work from Destination, Culture Immersion serta Off-Grid Travel.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani dalammaterinya mengatakan, “Tren konsumen kini menunjukkan bahwa wisatawan lebihcenderung memilih destinasi Local Before Global, maraknya layanan touchless service,mengutamakan unsur kesehatan dan keamanan, dan meningkatnya kesadaran akansustainability."

Baca Juga: Taurus Si Detail, 6 Zodiak Ini Paling Dibutuhkan Saat Liburan Bareng!

Selain itu, mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, ada tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan dengan kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%.