CewekBanget.ID - Niat kita mungkin baik, yaitu pengin menghargai atau membantu pelayan restoran.
Namun ternyata ada hal-hal sopan yang dibenci pelayan restoran, lho!
Bukannya mempermudah pekerjaannya, sebenarnya kita cuma bikin mereka makin susah dan terhina.
Makanya, yuk jangan lagi lakukan 7 hal sopan yang dibenci pelayan restoran ini!
1. Pindah meja tanpa ngomong
Kalau memang pengin berpindah meja karena satu dan lain hal, tentu boleh aja.
Asalkan pastikan kita beri tahu pelayan terlebih dahulu, ya.
Biasanya pesanan kita disesuaikan dengan nomor meja, sehingga kalau kita berpindah meja, otomatis nomor meja juga harus berubah.
Coba bayangnya kalau keadaan restoran lagi ramai dan meja kita yang sebelumnya telah terisi orang.
Bisa jadi pesanan kita malah diberikan ke orang lain, mereka menolaknya, dan pelayan malah kesulitan mencari kita. Jadi ribet!
2. Mengambil barang sendiri ke pos pelayan
Pelayan biasanya punya mejanya sendiri yang berisi beragam hal yang dibutuhkan untuk kita.
Karena kita tahu di mana pos tersebut dan tahu apa aja yang ada di sana, bukan berarti kita boleh seenaknya bolak-balik ke sana untuk mengambil barang yang ada di situ, lho.
Baca Juga: 5 Cara Makan Hemat di Restoran Biar Tetap Bisa Nongkrong Asyik
Walaupun niat kita baik biar enggak perlu panggil pelayan, tapi kita sebenarnya sama aja dengan enggak menghargai pekerjaan pelayan.
Selain itu, pelayan juga berpotensi merasa kehilangan barang yang bikin mereka malah panik dan jadi makin sibuk.
Lebih baik panggil aja pelayan kalau memang butuh apapun, ya.
3. Membantu mengambil makanan dari nampan
Kita berpikir mengambil makanan langsung dari nampan yang dibawa pelayan itu membantu, padahal bisa jadi berbahaya.
Pelayan bisa kehilangan keseimbangan memegang nampan dan makanan yang telah kita pesan jadi tumpah berantakan!
Lebih baik biarkan pelayan yang mengambil sendiri makanan dari nampan dan memberikannya ke kita, daripada ada kecelakaan yang sebenarnya bisa dicegah.
4. Mengangkat gelas ketika lagi diisi
Sekarang sudah banyak restoran yang menawarkan minuman refill buat kita.
Nah ketika memanggil pelayan untuk mengisi lagi gelas kita, sebaiknya gelasnya jangan diangkat, ya.
Kita mungkin berpikir dengan mengangkat gelas kita membuat kerja pelayan jadi lebih mudah, tapi kenyataannya malah sebaliknya!
Ketika diangkat, pelayan bakalan kesulitan untuk mengisi gelas, karena takut menumpahkannya ke kita dan dapat masalah baru.
Sebaiknya taruh gelas di meja dan biarkan pelayan mengisi gelas tersebut buat kita.
Atau kalau kita duduk terlalu jauh, kita bisa memberikan gelas tersebut ke pelayan dibandingkan kita yang memegang sendiri gelasnya, ya.
Baca Juga: 10 Trik Makan Banyak di Restoran All You Can Eat Biar Enggak Rugi!
5. Menumpuk piring kotor
Hayo, ngaku aja kalau kita pasti merasa menumpuk piring kotor itu memudahkan pekerjaan pelayan.
Padahal belum tentu, lho!
Bisa jadi restoran punya ketentuan buat pelayan untuk mengambil piring kotor dan mengembalikannya, sehingga kita malah menambah pekerjaan buat pelayan.
Belum lagi kita juga biasanya menumpuk piring kotor terlalu tinggi, sehingga terlalu berat dan menyulitkan pelayan buat membawanya.
Lebih baik serahkan masalah bersih-bersih buat pelayan aja, deh!
6. Menaruh sampah di atas piring atau di dalam gelas
Please, jangan lagi lakukan hal ini!
Walaupun kita berniat baik biar sampah enggak berceceran di atas meja makan, tapi menaruhnya di atas piring atau di dalam gelas malah memperlambat dan menyulitkan kerja pelayan saat bersih-bersih.
Mereka terpaksa harus mengorek sampah tersebut untuk dimasukan ke tong sampah.
Belum lagi kalau sampah tersebut tersangkut atau ketinggalan, sehingga harus diserok berkali-kali untuk bisa masuk ke tong sampah.
Lebih baik, kumpulkan sampah di satu sisi meja, sehingga bisa langsung diserok masuk oleh pelayan ke tong sampah.
Baca Juga: Tempat Bukber Bernuansa Alam di Tangerang Ketika #PowerUpRamadan
7. Enggak ngomong ketika ada masalah
Ada masalah dengan restoran? Jangan segan untuk segera ngomong ke pelayan.
Ketika kita enggak ngomong apapun karena merasa itu hal yang sopan, sebenarnya ini malah merugikan kita dan restoran, lho.
Kita jadi merasa kalau pelayanan di restoran tersebut enggak bagus, padahal bisa jadi cuma ada miskomunikasi antara kita dan pelayan yang malah menghambat customer service.
Makanya, lebih baik jelaskan secara detail masalah kita ke pelayan biar pengalaman makan kita lebih menyenangkan dan pastikan cara ngomong kita sopan, ya!
(*)