Rekomendasi Lagu Terbaru Bertema Harapan dari Nowela Mikhaela

By Elizabeth Nada, Selasa, 2 Januari 2024 | 15:10 WIB
Nowela Mikhaela (Passion Vibe)

CewekBanget.ID - Lagi cari rekomendasi lagu terbaru, girls? Salah satu yang bisa kita jadikan pilihan adalah lagu terbaru dari Nowela Mikhaela.

Menjelang 1 dekade karier bermusiknya, Nowela Mikhaela kembali memberikan karya terbaiknya lewat single terbaru yang berjudul Bertahan.

Bisa jadi rekomendasi lagu terbaru, yuk kita ulas bersama lagu Bertahan dari Nowela!

Latar belakang lagu Bertahan

Dilansir dari press release yang diberikan, lagu yang bernuansa ballad ini bisa dibilang merupakan lagu paling sederhana yang pernah dirilis oleh Nowela.

Sebab, lagu Bertahan hanya berisi irama piano di dalamnya, girls.

Walau terdengar sederhana, namun nyatanya, lagu ini punya makna yang sangat mendalam baik secara lirik maupun secara pesan yang ingin disampaikan.

"Lagu ini jadi teriakan hati saya atas hal berat yang terjadi sepanjang hidup saya," jelas Nowela.

Nowela Mikhaela juga menjelaskan bahwa lagu ini menceritakan pengalaman berat yang pernah ia lewati.

"Mulai dari perlakuan berbeda di masa lalu, penolakan terhadap diri saya di masa kecil, hingga depresi yang saya alami 2 tahun lalu. Saya rasa tiap orang pernah ada di titik buntu hingga susah untuk menatap ke depan.

Lagu ini memang terbuat dari luka hati tapi kemudian dibalut dengan setitik harapan dan keyakinan akan harapan di ujung jalan dari tiap tantangan hidup," lanjutnya.

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu yang Jadi Tren Fashion 2024 Buat Outfit Kekinian

Lagu ini ditulis Nowela bersama dengan Kaleb J dan Belanegara Abe yang berperan sebagai Music Producer di dalamnya.

Sementara itu, Irvnat berperan sebagai Vocal Producer dan Director, Ogi Lucas sebagai Recording Engineer di Passion Vibe Compound Jakarta, Hery Alesis sebagai Vocal Editor, Mixing oleh Ano Stevano dan Mastering oleh Dimas Pradipta.

Punya makna yang mendalam

Seperti dilansir dari press release, Bertahan jadi lagu yang enggak biasa bagi Nowela, karena kesederhanaan yang ditampilkan di dalamnya.

Namun, Nowela percaya bahwa dalam kesederhanaan tersebut tersimpan makna yang mendalam.

"Saya juga tidak pernah berpikir untuk punya lagu hanya diiringi piano, karena saya selalu menganggap suara saya hanya match dengan musik yang powerful seperti di single sebelumnya, tapi inilah hasil dari apa yang ada di dalam hati saya. Lagu simple yang hanya diiringi piano tapi punya makna yang sangat dalam buat saya," ungkap Nowela.

Lagu Bertahan ini jadi salah satu lagu Nowela yang bertema tentang harapan.

Nowela pun berharap bahwa lagu terbarunya ini bisa menjadi karya yang dapat membawa hal yang positif bagi banyak orang.

Sebab, Nowela percaya bahwa musik dapat mengubah kehidupan seseorang.

Diapun berpesan dan berharap di lagu ini para penikmat musik di Indonesia dapat memiliki harapan untuk terus bertahan di masa-masa sulit dalam kehidupan.

Enggak hanya itu, Nowela juga berharap lagu Bertahan dapat menjadi sebuah suara dan apresiasi bagi mereka yang sudah bertahan hingga hari ini.

Baca Juga: Rekomendasi Lagu Tentang Gundah dan Galau Percintaan dari Abeliano

Proses pembuatan video

Rilis di Channel Youtube Passion Vibe, video lirik lagu Bertahan mengangkat tema simplicity.

Nowela terlihat bernyanyi dengan latar belakang Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.

Bercerita tentang proses pembuatannya, Nowela mengaku bahagia dan merupakan salah satu bucket list dirinya untuk dapat shooting di tempat tersebut.

"Saya sangat excited karena tempat tersebut adalah salah satu bucket list tempat tujuan saya shooting. Selain itu, karena kami datang di musim kering, image ‘afrika-nya Indonesia’ bisa kami dapatkan," kisah Nowela.

Nowela rilis lagu terbaru berjudul Bertahan

Pemilihan baju dalam video tersebut pun diceritakan Nowela sebagai gambaran penerimaan dirinya saat ini.

"Dalam video, pemilihan baju yang merupakan dress indah dengan rambut panjang adalah sebuah gambaran penerimaan akan diri saya saat ini. Saya adalah perempuan insecure yang tidak mau pake dress karena merasa diri buruk rupa, tapi hari ini setelah proses panjang bertahan dan berusaha menerima diri, saya bersyukur dapat mencintai diri saya,” lanjutnya.

Fyi, dress dalam video tersebut merupakan dress yang dibuat oleh Ivan Gunawan, yang sekaligus menjadi lambang sosok Nowela yang selalu bertahan untuk melalui proses panjang penerimaan diri.

Yup! lagu terbaru Nowela, Bertahan, sudah tersedia di seluruh digital streaming platform ya. 

Official Music Video lagu Bertahan dari Nowela bisa kita tonton lewat video di bawah ini:

Baca Juga: BamBam Bilang 90 Persen Teman Selebnya Suka Dengerin Lagu DAY6

(*)