Surat Perpisahan Alan Rickman 'Professor Snape' untuk Harry Potter

By Natasha Erika, Kamis, 14 Januari 2016 | 17:00 WIB
Surat Perpisahan Alan Rickman 'Professor Snape' untuk Harry Potter (Natasha Erika)

Alan Rickman, aktor Inggris yang dikenal dengan perannya sebagai Severus Snape di film seri Harry Potter, meninggal dunia di usia 69 tahun karena menderita kanker. Alan berperan sebagai professor dingin di Hogwarts yang kemudian meluluhkan hati banyak orang dengan perjuangan tokoh tersebut melawan kegelapan Voldemort.

Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 adalah film terakhir dari seri tersebut yang dirilis pada Juli 2011. Alan Rickman sempat mengungkapkan perpisahannya terhadap dunia sihir tersebut pada April 2011 kepada Empire Magazine. Begini surat perpisahan Alan Rickman 'Professor Snape' untuk Harry Potter.

Surat Perpisahan Alan Rickman 'Professor Snape' untuk Harry Potter

Begini isi surat asli Alan Rickman:

"I have just returned from the dubbing studio where I spoke into a microphone as Severus Snape for absolutely the last time. On the screen were some flashback shots of Daniel, Emma, and Rupert from ten years ago. They were 12. I have also recently returned from New York, and while I was there, I saw Daniel singing and dancing (brilliantly) on Broadway. A lifetime seems to have passed in minutes.

 

Three children have become adults since a phone call with Jo Rowling, containing one small clue, persuaded me that there was more to Snape than an unchanging costume, and that even though only three of the books were out at that time, she held the entire massive but delicate narrative in the surest of hands.

 

It is an ancient need to be told in stories. But the story needs a great storyteller. Thanks for all of it, Jo.

 

Alan Rickman"

Surat Perpisahan Alan Rickman 'Professor Snape' untuk Harry Potter

Kalau kita artikan, kurang lebih isi suratnya berisi:

"Aku baru saja kembali dari studio di mana aku bicara di depan microphone sebagai Severus Snape untuk terakhir kalinya. Di layar terdapat tayangan kilas balik Daniel, Emma, dan Rupert dari sepuluh tahun lalu. Mereka masih 12 tahun. Aku juga baru saja kembali dari New York, dan sementara aku di sana, aku melihat Daniel bernyanyi dan menari (dengan cemerlang) di Broadway. Waktu tampaknya berlalu dengan cepat.

Tiga anak itu telah menjadi dewasa sejak aku dapat panggilan telepon dari Jo Rowling, mengatakan satu petunjuk kecil, membujuk aku kalau ada hal lebih tentang Snape sekadar kostumnya yang enggak pernah berganti, dan meskipun hanya baru tiga dari seri buku itu yang rilis saat itu, ia telah memegang seluruh narasi dengan halus di tangannya.

Ini cerita klasik yang harus diceritakan. Tapi cerita butuh pendongeng yang hebat. Terima kasih untuk semua itu, Jo.

Alan Rickman"

Alan Rickman menerima peran Professor Snape ketika tujuh buku J.K. Rowling belum selesai. Hal itu menimbulkan spekulasi gimana penulis akan menunjukkan siapa diri Snape sebenarnya. Dalam sebuah wawancara, Alan enggak membenarkan kalau Rowling memberitahunya kalau Snap bukan penjahat sejati di film. Hanya petunjuk kecil.

Selamat jalan Alan Rickman, Professor Snape.

(sumber: time.com, foto: hypable.com)