Tanggal Ujian Nasional (UN) 2015

By Astri Soeparyono, Rabu, 28 Januari 2015 | 17:00 WIB
Tanggal Ujian Nasional (UN) 2015 (Astri Soeparyono)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan tanggal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2015. Seperti tahun-tahun sebelumnya, UN untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) enggak dilakukan serentak. 

(Baca juga: 4 Jenis Makanan Saat Menghadapi Ujian)

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengatakan, UN akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan April hingga Mei 2015. UN untuk jejang SMA akan dilakukan lebih dulu, menyusul kemudian UN untuk SMP.

"UN SMA akan dilaksanakan pada 13-15 April 2015. Sedangkan UN SMP akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015," kata Anies di Jakarta, Jumat (23/1/2015).

(Baca juga: 4 Kebiassan Buruk Yang Mengganggu Belajar)

Tanggal Ujian Nasional (UN) 2015
Sementara itu, untuk jenjang sekolah dasar (SD), pelaksanaan UN akan diserahkan ke Dinas Pendidikan tingkat kota masin-masing. Hal tersebut seperti yang dilakukan tahun lalu.

Anies mengatakan, UN pada tahun ini juga enggak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa. Sebaliknya UN digunakan sebagai alat pengembangan potensi siswa sehingga menjadi bagian dari proses pembelajaran.

(Baca juga: 10 Syarat Sistem Kebut Semalam)

(unoviana/edukasi.kompas, foto: pinterest.com, tumblr.com)