10 Jenis Pekerjaan Yang Bakal Dicari 5 Tahun ke Depan (Bagian 1)

By Natasha Erika, Senin, 16 Februari 2015 | 17:00 WIB
10 Jenis Pekerjaan Yang Bakal Dicari 5 Tahun ke Depan (Bagian 1) (Natasha Erika)

University of California, San Diago, Amerika Serikat, menghimpun daftar karier yang paling dibutuhkan sepanjang tahun 2013 dan ditulis dalam laporan bertajuk Hot Careers for College Graduates. Hasilnya, ada 10 pekerjaan yang paling cocok bagi para mahasiswa yang baru lulus. Sepuluh pekerjaan ini adalah jenis pekerjaan yang bakal dicari 5 tahun ke depan. Siapa tahu bisa jadi panduan buat kita mencari jurusan kuliah yang tepat?

Meskipun permintaan tenaga kerja untuk pembuat aplikasi software masih lebih tinggi, tapi para pengembang sistem software memiliki proyeksi pertumbuhan tenaga kerja yang lebih baik sebesar 32%. Sementara untuk para pencipta aplikasi software hanya berjumlah 28%. Jumlah gaji para pengembang sistem software juga tercatat lebih tinggi.

Perbedaan antara pembuat aplikasi dan pengembang sistem software terletak pada permintaan konsumen. Dalam pengembangannya, para pencipta aplikasi software sangat terpusat pada minat dan keinginan konsumen. Setelah itu, profesi ini menguji dan memodifikasi produknya untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen.

Nah, sarjana yang lulus dari jurusan ilmu komputer atau matematika adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Selain itu, kalau kita memiliki kemampuan pemrograman juga bakal dibutuhkan untuk menduduki jabatan tersebut.

Data pemerintah AS menunjukkan 392.740 analis pasar dan spesialis pemasaran memiliki gaji sebesar US$ 67.380 per tahun. Tak heran pekerjaan tersebut masuk ke salah satu daftar rekomendasi bagi para lulusan universitas. Tak hanya itu, pekerjaan tersebut juga masuk ke daftar posisi yang paling dicari. Lowongan pekerjaan tersebut akan tumbuh hingga 41% hingga 2020.