Memilih Jaket Sesuai Bentuk Tubuh

By Marti, Selasa, 14 Januari 2014 | 16:00 WIB
Memilih Jaket Sesuai Bentuk Tubuh (Marti)

Musim hujan seperti ini memang enaknya memakai jaket. Tapi, pemilihan jaket yang salah bisa membuat kita terlihat jelek. Cara aman memakai jaket yaitu memilih jenis jaket yang sesuai bentuk tubuh.

Untuk kita yang punya tubuh petite dan pendek,kita bisa memakai jaket dengan lengan panjang dan aksen belt. Soalnya, belt ini akan memberi bentuk pada pinggang sehingga membuat bentuk tubuh kita terlihat lebih sempurna. Kita bisa mencoba jaket dengan leher unik yang bisa mendistraksi perhatian orang dari bagian tubuh yang lain. Leather jacket atau coat dengan leher lebar bisa kita pilih, girls.

Pemilik tubuh dengan tipe ini paling cocok memakai jaket yang pas di tubuh dan hindari jaket yang berpotongan lebar. Beberapa jaket yang cocok misalnya varsity jacket atau cropped jacket. Kita juga bisa memakai trench coat dengan aksen belt tapi pilih yang panjangnya sedikit di atas lutut.

Pemilik tubuh kurus dan tinggi bisa memilih jaket dengan banyak aksen di bagian depan, seperti kancing, ritsleting dengan potongan diagonal, double collar, atau ruffle. Selain itu, hindari coat dengan panjang di bawah lutut karena akan membuat kita tampak makin tinggi. Sebaliknya, pilih jaket yang hanya sebatas paha. Duffle coat, military jacket, atau parka jacket cocok nih untuk pemilik tubuh kurus ini.

Selain itu, buat pemilik tubuh kurus juga cocok memakai cropped jacket karena akan memberi ilusi volume pada bagian tubuh yang lurus. Tepatnya, memberi bentuk pada garis pinggang dan pinggul kita.

Buat pemilik bahu kecil, jaket dengan potongan bahu tinggi dan lengan panjang akan membantu kita untuk mendapatkan bentuk tubuh sempurna. Pastikan jaket yang kita pakai memiliki padding. Beberapa aksen di bagian dada juga bisa menambah volume pada pundak. Duffle jacket atau military jacket adalah pilihan yang pas buat kita.

Sebaliknya, untuk kita dengan bentuk tubuh yang memiliki pundak lebar sebaiknya menjauh dari jaket berpotongan pas di tubuh. Dan, pilih jaket berpotongan besar seperti oversized coat. Selain itu, jaket dengan potongan simpel dan minim aksen di bagian dada juga sangat membantu membuat bahu terlihat lebih kecil.

(iif. foto: theclassycubicle.com, fashionreveller.com, fabsugar.com, thezush.com, vanessajackman.blogspot.com, ontheracks.com)