Manfaat Wortel Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

By Marti, Jumat, 29 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Manfaat Wortel Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit (Marti)

Ini dia manfaat wortel bagi kecantikan dan kesehatan kulit kita. Buah kaya vitamin A dan beta karoten ini ternyata baik banget manfaatnya buat kesehatan kulit kita. Menurut U.S Department of Agriculture, seperti yang dikutip oleh situs Live Strong, satu cangkir wortel mengandung 16,679 internasional unit beta karoten atau sama seperti 686 persen dosis rekomendasi vitamin A yang dianjurkan ahli.

Vitamin A ternyata berfungsi sebagai penyimpan sel lemak dalam tubuh kita. Dengan rajin mengkonsumsi vitamin A, tubuh kita akan lebih sehat dan seimbang. Terutama dibagian mata, tulang dan kulit. Serta kekenyalan kulit kita. Vitamin A juga oke banget mengurangi keriptan halus atau penuaan dini yang terjadi akibat kerusakan kulit karena gaya hidup yang enggak sehat. Seperti merokok, sering begadang, pola makan enggak sehat dan lain-lain.

Baca juga: 5 Nutrisi Baik Yang Bikin Kita Cantik

Beta-karoten termasuk bagian dari provitamin A yang berubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang diproduksi metabolisme kita. Kandungan ini sangat baik dan efektif melawan kerusakan kulit yang diakibatkan radiasi ultraviolet. Bahkan, 10 minggu rajin mengkonsumsi suplemen beta karoten dengan jumlah tepat, sama seperti pemakaian sunblock SPF dan meningkatkan fungsi melindungi kerusakan kulit kita hari sinar matahari yang jahat.

Studi menyimpulkan, vitamin A sangat efektif melawan masalah kulit kronis seperti eksim. Menurut British Journal of Dermatology, pengobatan yang mengandung vitamin A yang disebut alitretinotin, digunakan para dokter dan ahli buat merawat masalah kulit serius. Ahli bedah dermatologis juga menggunakan suplemen vitamin A untuk melawan penyakit kulit serius seperti tumor, nonmelanoma atau kanker.

Baca juga: Manfaat vtamin B Untuk Kecantikan

Hal yang wajib kita ingat saat menggunakan atau mengkonsumsi wortel, jangan mengkonsumsi terlalu banyak atau sering. International Journal of Food Sciences and Nutrition menjelaskan yerlalu banyak mengkonsumsi beta karoten bisa bikin kulit dan mata kita berwarna kuning dan oranye. Penelitian ini dilakukan dengan mengkonsumsi 20 miligram beta karoten. Atau 8 inci wortel perhari yang dikabarkan meningkatkan resiko hypercarotanemia.

Baca juga: Kenali Tanda Iritasi Penggunaan Produk Kecantikan Pada Kulit

(stefanie, foto: wattpad.com)