Cara Merawat Kulit Sensitif (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Rabu, 6 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Cara Merawat Kulit Sensitif (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Apakah kulit kita memerah atau gatal-gatal saat mencoba produk baru, atau karena melakukan scrubbing  terlalu keras? Mungkin kulit kita tergolong sensitif. Karena itu, ketahui cara merawat kulit sensitif  dengan selalu menjaga kondisi kulit.

(Baca juga: Cara Merawat Kulit Sensitif - Bagian 1)

Biarkan pori-pori terus bersih dengan mandi minimal dua kali sehari dengan sabun pembersih yang diformulasikan khusus bagi kulit sensitif. Hindari melakukan proses scrubbing  dengan cara terlalu keras, yang berpotensi merusak kulit.

Cara paling mudah dan ampuh menghindari reaksi berlebih kulit sensitif adalah menggunakan produk perawatan kulit secukupnya, dan seperlunya. Contohnya sabun pembersih, pelembap, dan tabir surya.

(Baca juga: Pengaruh Stress Buat Kulit Kita)

Gunakan makeup  seperlunya, seperti bedak mineral yang minim risiko alergi karena terbuat dari mineral silikon. Hindari maskara tahan air karena membuat kita menggosok kasar saat membersihkannya. Gunakan eyeliner jenis pensil bukan cair, atau bahan lateks lainnya penyebab reaksi alergi.

Kulit sensitif yang mudah iritasi sangat riskan terkena paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau bahkan lebih tinggi untuk melindungi lapisan epidermis kulit. Pilih tabir surya yang mengandung aktif fisik seperti zinc oxide , dan titanium dioxide .

(Baca juga: Mengenali Bahaya Matahari Pada Kulit Lewat Foto Kamera UV)

(ridho/tabloidnova.com, foto: 5glam.tumblr.com)