7 Cara Cegah Bibir Kering Saat Puasa (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Senin, 7 Juli 2014 | 16:00 WIB
7 Cara Cegah Bibir Kering Saat Puasa (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Memasuki bulan suci Ramadan, masalah bibir kering  rasanya sulit dielakkan. Saat bibir sudah terlalu kering, ia akan terkelupas dan membuat rasa perih yang mengganggu dan memengaruhi nafsu makan. Ini dia 7 cara cegah bibir kering saat puasa.

(Baca juga: 7 Cara Cegah Bibir Kering Saat Puasa - Bagian 1)

Untuk memperkaya kelembapannya, biasakan untuk mengoleskan madu tipis-tipis pada bibir sebelum tidur. Bahan alami lain seperti olive oil  atau minyak kelapa pun bisa membuat bibir terasa lembut. Saat sahur, kita bisa meminum madu sebanyak tiga sendok makan untuk menjaga kelembapan dan vitalitas.

 

Menjelang imsak, gosok gigi dan lanjutkan dengan mengaplikasikan lip scrub untuk mengangkat sel-sel kulit bibir yang sudah mati. Gunakan sikat gigi kecil yang lembut, lalu gosokan perlahan pada bibir yang telah dibasahi. Ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru

 

(Baca juga: Rambut Tetap Sehat Selama Puasa)

 

Utamakan konsumsi buah saat buka puasa dan sahur untuk membantu mencegah atau mengurangi keluhan bibir kering . Pasalnya, keistimewaan serat dan cairan pada buah-buahan tak dapat diragukan lagi, termasuk untuk memelihara kesehatan bibir.

(Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dimakan Saat Bulan Puasa)

(tabloidnova.com, foto: beautyismyduty.com)