Penyebab Rambut Semakin Rontok (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Sabtu, 17 Mei 2014 | 16:00 WIB
Penyebab Rambut Semakin Rontok (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Rambut kamu rontok? Lalu semakin hari semakin rontok? Cari tahu yuk apa sih penyebab rambut semakin rontok?

Air panas bisa menyerap kelembaban pada helaian rambut kita, sehingga membuat rambut kering dan rapuh. Inilah yang membuat rambut mudah rontok, demikian menurut Ryan Welter, MD, ahli transplantasi rambut dari Boston.

"Air panas tidak hanya menghilangkan minyak alami pelindung rambut, tapi juga membuat pori-pori kepala bekerja keras untuk memproduksi minyak. Hal ini bisa merusak akar rambut dan mempercepat kerontokan."

Protein yang menumbuhkan rambut dan kutikulanya akan rusak ketika terpapar uap panas dari alat penataan rambut. Begitu kutikula ini rusak, keseimbangan kelembabannya akan terganggu dan rambut makin rentan patah.

Batasi penggunaan alat penataan rambut, entah itu blowdryer  atau pencatok rambut, dua atau tiga kali saja seminggu. Atur penggunaannya hingga sedingin mungkin.

Sebelumnya, gunakan semprotan pelindung panas yang akan mengurangi gesekan. Hindari juga produk penataan rambut yang membuat rambut lengket dan kaku. Ketika kita berusaha menyisirnya, rambut pun jadi patah.

Helaian rambut menjadi lebih rapuh dalam keadaan basah. Mengeringkan rambut dengan menggosoknya kuat-kuat dengan handuk, lalu menyisirnya dalam keadaan masih basah, bisa mendorong rambut untuk patah.

Hindari menyisir rambut begitu selesai keramas. Lebih baik, Kita menyisir rambut sebelum membasahinya untuk keramas. Kemudian, tepuk-tepuk dengan handuk lembut setelah selesai mencucinya.

(dini/tabloidnova.com, foto: reducinghairloss.com)