Pertanyaan Seputar Cara Pakai Softlense (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Selasa, 13 Mei 2014 | 16:00 WIB
Pertanyaan Seputar Cara Pakai Softlense (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Sebelum memkai softlens, sebaiknya kita memahami aturan pakai yang baik dan benar. Berikut tujuh pertanyaan seputar cara pakai softlense dijawab oleh para ahli.

Dua pakar profesional spesialis mata, yaitu Andrea Thau, O.D. dari SUNY College of Optometri dan juru bicara American Optometric Association, serta Rebecca Taylor, M.D., dokter ahli ophthalmologi, mejawab 7 pertanyaan seputar softlens.

 

Setiap kali mata sedang eenggak bersahabat dengan softlens , jangan memaksa mengenakannya, karena bisa menyebabkan infeksi. Saat softlens  terasa eenggak nyaman atau perih, segera buka dan periksa kondisinya. Apakah ada permukaan yang tergores atau sobek?

Kemudian, beri cairan lubrikasi khusus dan bersihkan semua area. Jika masih terasa eenggak nyaman dikenakan, lebih baik tanggalkan dulu untuk beberapa waktu. Pasalnya, kondisi mata harus bersih dan sehat sebelum mengenakan softlens . Jika dipaksakan, bisa-bisa berisiko terjadinya abrasi di kornea.

 

Untuk menghindari menempelnya serbuk atau cairan makeup  di softlens, dianjurkan untuk mengenakan softlens terlebih dahulu. Kemudian, lepas softlens setelah Kita membersihkan seluruh riasan wajah.

 

Saat Kita terbangun, kornea akan menerima oksigen dari udara dan dari air mata. Namun dalam kondisi tidur, mata tertutup dan Kita eenggak berkedip sehingga akan mengalami kekurangan lubrikasi dan oksigen. Lebih lanjut, hal ini mengakibatkan softlens  menjadi lebih ketat dan berisiko menyebabkan sobekan kecil pada softlens yang akan melukai kornea.

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

(annelis/tabloidnoca.com, foto: groupon.co.za