Pola Makan Buruk Sebabkan Jerawat

By Astri Soeparyono, Rabu, 30 April 2014 | 16:00 WIB
Pola Makan Buruk Sebabkan Jerawat (Astri Soeparyono)

Pola makan yang buruk bisa menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti jerawat, keriput, dan banyak lagi, lho! Kenapa ya?

Gorengan termasuk jenis makanan yang perlu dibatasi konsumsinya agar kulit tetap sehat. Sebab, gorengan mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan minyak yang dihidrogenasi.

Jenis-jenis lemak ini bisa terakumulasi dalam sel-sel, memperlambat sirkulasi darah,  dan dapat menyumbat pori-pori. Asupan berlebihan dari jenis lemak ini juga merupakan faktor penyebab obesitas.

Lemak jenuh ketika dipanaskan dari proses memasak juga akan melepaskan racun-racun atau radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Maka, orang yang sering mengonsumsi jenis makanan ini memiliki risiko berjerawat lebih tinggi, bersisik, dan lebih cepat keriput.

Alternatif yang lebih baik untuk memenuhi  kebutuhan lemak di dalam tubuh adalah melalui konsumsi makanan yang kaya akan lemak baik. Asam lemak esensial baik untuk kulit, karena kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan memiliki kemampuan antiperadangan sendi. 

 

(dini/berbagai sumber/tabloidnova.com, foto: sg.news.yahoo.com