Kenapa Cowok Kurang Peka Saat Cewek Ngambek?

By Astri Soeparyono, Selasa, 17 April 2018 | 00:30 WIB
Pacar Aktif Banget di Medsos Tapi Jarang Balas Chat. Bikin Bete dan Kesel, Deh! (Astri Soeparyono)

Suka sebel karena teman cowok, gebetan, atau pacar enggak nyadar ketika kita ngambek? Jangan kaget. Soalnya menurut penelitian, cowok memang kurang peka saat cewek ngambek.

(Baca juga: Bahasa Rambut Cewek di Mata Cowok)

Menurut penelitian ilmiah di Edinburgh University, Skotlandia, ditemukan bahwa cowok memang cenderung sulit membaca ekspresi wajah. Enggak jarang aksi ngambek para cewek gagal total hanya karena cowok enggak sadar atas keinginan pasangannya saat itu.

Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa kemampuan cowok dalam berempati, berpura-pura, dan mencerna reaksi sosial cenderung rendah dibandingkan wanita.

Dalam proses eksperimen, para ilmuwan mempelajari kemampuan menangkap makna ekspresi dengan cara memetakan otak cowok dan cewek saat diperlihatkan sejumlah foto dengan ragam ekspresi. Setiap responden, yaitu cowok dan cewek, diminta untuk mdefinisikan masing-masing ekspresi dalam foto tersebut.

Kemudian, jawaban yang diberikan oleh responden diukur berdasarkan akurasi dan durasi saat menjawab.

(Baca juga: Bahasa Tubuh yang Perlu Kita Hindari Saat di Depan Cowok)

"Penemuan kami menunjukkan bahwa cowok kurang tanggap dalam mengekspresikan empati dan reaksi lainnya. Sebab, kemampuan strategi otak cowok dalam menanggapi berita sedih dan duka cenderung lebih lamban ketimbang cewek," ujar Profesor Stephen Lawrie, Kepala Peneliti. Lebih lanjut, Lawrie menjelaskan bahwa menurut eksperimennya tersebut, tersibak teori bahwa aliran darah ke bagian otak yang bereaksi untuk membuat keputusan emosional memang terlihat lebih bekerja keras kala melihat atau mendengar kabar duka dan sedih. Jadi, singkatnya, Lawrie menyatakan bahwa cowok lebih lambat dalam membaca emosi dan menunjukkan empati pada lingkungan sekitarnya. (Sumber: DailyMail)

(Baca juga: Tebak Perasaan Cowok dari Bahasa Tubuhnya)

(agustina/female.kompas.com, foto: fygifs.tumblr.com)