5 Rahasia Seputar Vagina yang Wajib Kita Tahu

By Muti Siahaan, Senin, 30 April 2018 | 12:15 WIB
Ini dia penyebab munculnya benjolan pada vagina! (Muti Siahaan)

Organ tubuh bagian bawah yang satu ini memang penuh misteri dan selalu membuat kita penasaran. Dibandingkan anggota tubuh yang lain, orang sering merasa sungkan untuk membicarakan vagina. Tapi kita tetap perlu tahu lho karena ini penting banget untuk mengenalinya. Kenali bentuk dan rahasia vagina yang lain dibawah ini. 

Ini dia penyebab munculnya benjolan pada vagina!

Walau secara umum vagina tiap orang itu berbeda-beda, tapi kita bisa membedakannya menjadi 16 bentuk. Bentuk yang paling umum adalah standart type. Namun beberapa cewek punya bentuk yang lain. Bentuk vagina enggak berpengaruh sama sekali sama fungsi dari vagina itu sendiri. 

Rata-rata panjang labia minora (bagian bibir vagina yang lebih kecil) kurang dari ¾ inci. Hanya sekitar 1,8 % cewek yang punya labia minora lebih panjang dari 1,5 inci. Tapi jangan panik ya, setiap labia minora itu berbeda-beda. Beberapa ada yang sedikit mengantung dan keluar dari labia major (bibir bagian paling luar)  dan beberapa ada juga yang terlindung dan tertutup di dalam. 

Pernah enggak kepikiran, apa sih fungsi bulu pubis? Ada tiga fungsi penting dari bulu pubis. Pertama, untuk melindung vagina kita karena ini organ yang paling intim. Kedua sebagai tanda secara biologis pada calon pasangan kita bahwa secara biologis (belum tentu secara emosional, lho) cewek itu sudah siap untuk bereproduksi. Ketiga, penghasil aroma khusus yang bisa menarik lawan jenis ketika sedang berhubungan seksual.

Vagina itu sifatnya elastis. Rata-rata panjangnya sekitar 3-4 inci. Ukuran vagina bisa membesar hingga 200% dari ukuran normal. Dengan sifatnya yang elastis itu, ketika seorang cewek hamil dan melahirkan, bayi bisa keluar dari situ.

Sebenarnya kita enggak perlu terlalu sering menggunakan cairan pembersih organ intim. Karena pada dasarnya vagina kita sudah melalukan proses membersihkan secara alami. Bayangkan saja seperti mata kita yang selalu menyeluarkan air mata untuk membersihkan mata, begitu juga vagina.

Vagina memiliki cairan tersendiri yang memiliki fungsi untuk melakukan pembersihkan itu. Kalau kita terlalu sering menggunakan cairan pembersih malah bisa mengganggu aroma alami dan keseimbangan PH yang ada di dalamnya.