3 Manfaat Persahabatan Buat Cewek, Menurut Hasil Penelitian

By Astri Soeparyono, Senin, 26 Februari 2018 | 14:15 WIB
Girl squad-nya Taylor Swift! (Astri Soeparyono)

Pada dasarnya, cewek pengin memiliki ikatan dan kedekatan, salah satunya adalah ikatan persahabatan. Bukan cuma "punya teman", tapi ikatan persahabatan. Ternyata, di samping manfaat yang kita rasakan secara personal, ada 3 manfaat persahabatan buat cewek menurut hasil penelitian, lho!

(Baca juga: Tips Persahabatan Seru Dari para Seleb)

Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Journal of Experimental Social Psychology, para peneliti meminta para partisipan studi untuk berdiri di bawah sebuah bukit yang terjal, lalu mereka diminta untuk memperkirakan seberapa sulit untuk mendakinya.

Partisipan yang berdiri bersama teman memperkirakan tanjakan itu enggak sesulit untuk didaki daripada mereka yang berdiri sendirian. Terlebih lagi, semakin lama persahabatan yang dimiliki, makin yakin mereka bisa mengatasi keterjalan bukit tersebut.

(Baca juga: Tips Persahabatan dari Kendall dan Kylie Jenner)

Studi yang dilangsungkan Harvard University menunjukkan kalau pasien penyakit kanker payudara yang tak memiliki teman berisiko 4 kali lebih besar meninggal akibat penyakitnya ketimbang seseorang yang mengalami penyakit sama tetapi punya 10 sahabat atau lebih.

Studi juga menunjukkan kalau dukungan sosial bisa membantu menurunkan tekanan darah, menjaga pikiran dari demensia, dan mengurangi risiko depresi.

(Baca juga: Cara Menjaga Persahabatan LDR)

Saat cewek mengalami stres, otaknya mengeluarkan hormon bahagia, oksitosin, yang mendorongnya untuk menjalin ikatan. Sementara otak cowok, lebih mudah terkena efek hormon kortisol dan adrenalin yang mendorong respon ingin bertengkar atau pergi.