10 Kebiasaan yang Membuat Kita Disukai Banyak Orang (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Senin, 31 Agustus 2015 | 17:00 WIB
10 Kebiasaan yang Membuat Kita Disukai Banyak Orang (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Napoleon Hill, penulis dari buku terlaris sepanjang masa Think and Grow Rich menjelaskan ada beberapa hal yang umumnya dilakukan oleh orang-orang yang banyak disukai. Ia menuangkannya dalam sebuah esai berjudul, The Science of Success. Dilansir dari situs TIME, ini dia 10 kebiasaan yang membuat kita disukai banyak orang.

(Baca juga: 10 Kebiasaan yang Membuat Kita Disukai Banyak Orang Bagian 1)

Rahasia sukses mantan Presiden Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt adalah murah senyum. Saking seringnya ia melakukan ini, ia dijuluki "million-dollar smile". Menurut Hill, orang-orang cenderung akan menurunkan garis batas diri mereka saat seseorang mulai menunjukkan sifat murah senyum.

Orang yang disukai banyak orang biasanya akan mempertimbangkan dengan matang sebelum mulai ngomong. Menyadari bahwa enggak semua pemikiran dapat diekspresikan, akan terasa lebih baik.

(Baca juga: 5 resep singkat disukai banyak orang)

Hubungan yang paling baik adalah saat membantu orang lain tapi enggak mengharapkan imbalan. Sikap seperti ini akan membangun hubungan yang lebih kuat dan berbuah baik. Daripda menggerutu dari sebuah kesalahan baik sengaja maupun enggak, seorang yang sukses akan belajar dari kesalahan yang dilakukan dan menjadi lebih bijak.

Kebanyakan orang yang disukai akan memperlakukan lawan bicaranya dengan sangat penting, memuji dengan jujur, dan memberi kesempatan mereka untuk berbicara mengutarakan pendapatnya.