Haruskah Memakai Sabun Khusus Vagina?

By Astri Soeparyono, Rabu, 12 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Haruskah Memakai Sabun Khusus Vagina? (Astri Soeparyono)

Sering penasaran sama produk pembersih khusus untuk vagina, girls? Merasa penasaran apakaha kita perlu memakai sabun khusus vagina ini? Berikut penjelasan para ahli dan hasil studi yang dilakukan di Amerika mengenai ini.

(Baca juga: 5 Kesalahan Cewek Dalam Menjaga Kebersihan Vagina)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa produk pembersih vagina justru bisa berakibat infeksi bakteri. Dr. Michael Zinaman, ginekolog St. Elizabeth's Medical Center di Boston melakukan penelitian dengan mengamati 141 cewek di Los Angeles. Hasilnya, 66 persen cewek mengaku memakai produk yang dijual bebas di pasaran.

Sementara, sekitar 45 persen diketahui menggunakan produk yang mengandung cuka dan garam. Sekitar 17 persen memakai produk yang menggunakan campuran petroleum jelly serta 13 persen menggunakan minyak.

(Baca juga: 4 Fakta Soal Vagina dan Selaput Dara)

Berdasarkan tes di laboratorium, cewek yang menggunakan produk pembersih vagina lebih berisiko memiliki infeksi bakteri dan jamur. Menurut peneliti peningkatan risiko ini disebabkan oleh perubahan pH internal dan mikroba baik dalam vagina.

Pada dasarnya, vagina yang sehat mampu membersihkan dirinya sendiri, produk pembersih vagina justru akan merusak keseimbangan pH dan bakteri baik yang ada di dalamnya. Hindari  mencuci berlebihan, douching, atau menggunakan sabun. Hanya bilas vagina bagian luar dengan air hangat.

(Baca juga: Celana Ketat Membuat Area Sekitar Vagina Menghitam)

(chicmagz.com, foto: edwon.tv)