Celana Ketat Membuat Area Sekitar Vagina Menghitam

By Astri Soeparyono, Selasa, 11 Agustus 2015 | 17:00 WIB
Celana Ketat Membuat Area Sekitar Vagina Menghitam (Astri Soeparyono)

Sering memakai celana ketat? Hati-hati, girls, karena terlalu sering memakai celana ketat bisa membuat area sekitar vagina menghitam, lho!

(Baca juga: 5 Kesalahan Cewek Dalam Menjaga Kebersihan Vagina)

Area sekitar vagina ini kerap disebut sebagai area bikini. Sebutan ini muncul karena area tersebut merupakan area yang kerap tertutup saat wanita menggunakan bikini.

(Baca juga: Bahaya Mencukur Habis Rambut Vagina)

"Tanpa disadari, gesekan yang terjadi pada pakaian ketat dapat menyebabkan kulit di sekitar area V menjadi lebih gelap. Hal ini tentunya dapat membuat para wanita merasa kurang percaya diri," tutur Dewi Koesoema, CHC Director Sanofi Group Indonesia.

Celana ketat bisa membuat area di sekitar vagina menghitam karena area ini berada di lipatan kulit, sehingga akan mudah tergesek saat mengenakan celana ketat.

Seringnya gesekan yang terjadi antara kulit di area sekitar vagina dengan kain celana secara terus-menerus akan menyebabkan kulit di area sekitar vagina jadi menghitam.

"Gesekan itu kalau terus-menerus, apalagi kalau dengan bahan pakaian, akan menyebabkan kulit di area V menggelap. Keringat juga akan menumpuk dan menyebabkan kulit tidak bisa bernapas, akibatnya jadi menggelap," papar dr Dian Wijayanti, Medical Affairs Manager PT Sanofi-Aventis Indonesia.

(Baca juga: 4 Fakta Soal Vagina dan Selaput Dara)

(ade/intisari-online.com, foto: )