5 Perbedaan Pertemanan Pelajar SMA dengan Mahasiswa

By Natasha Erika, Rabu, 24 Januari 2018 | 01:30 WIB
4 ekspektasi yang sering dimiliki oleh anak SMA saat jadi mahasiswa baru. Kenyataannya? (Natasha Erika)

Dijamin, pergaulan kita saat kuliah bakal lebih luas daripada saat masih duduk di bangku sekolah. Makanya, ada beberapa perbedaan yang bakal atau sudah kita rasakan ketika menjadi mahasiswa.

Ini dia 5 perbedaan pertemanan ketika kita masih jadi pelajar SMA dengan ketika jadi mahasiswa nanti.

Karena pergaulan yang makin luas dan beragam, kita bisa punya lebih dari satu geng, lho! Mungkin waktu masih sekolah dulu, kita solid sama geng kesayangan kita.

Tapi, sekarang kita bakal bisa punya geng di kelas, geng di organisasi mahasiswa, geng di luar kampus dan sebagainya.

Saat di sekolah, kalau ada satu teman kita berbuat salah, kita langsung memutuskan untuk memusuhinya satu geng. Tapi, kalau sudah duduk di bangku kuliah dan seiring bertambahnya usia, kita dan teman-teman bakal berpikir lebih dewasa.

Bisa dibilang juga, kita cenderung cuek kalau ada teman yang bermasalah dalam geng. Kebanyakan cara berpikir cewek mahasiswa adalah selama si teman itu enggak mengganggu kehidupannya, maka enggak perlu dijauhi atau serta merta dimusuhi.

Persahabatan mahasiswa itu biasanya punya tempat nongkrong favorit. Walau cuma di kampus aja, pasti sekelompok mahasiswa yang bersahabat itu punya spot khusus. Misalnya, di kantin atau di taman kampus.