10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 2)

By Natasha Erika, Kamis, 19 Maret 2015 | 17:00 WIB
10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 2) (Natasha Erika)

Supaya enggak salah pilih atau cuma ikut-ikutan teman, coba kita ikuti 10 pertimbangan memilih jurusan kuliah, yuk!

Selain dari orangtua, apakah ada cara lain untuk membiayai kuliah kita. Berhubungan dengan poin 5, kita bisa mengandalkan hal-hal lain jika merasa biaya kuliah kita melebihi budget. Contoh, kita bisa mencoba ikut beasiswa yang bisa meringankan beban biaya kuliah.

Nah... Kalau kita udah mulai berpikir untuk berkuliah sambil bekerja, ini jadi pertimbangan sebelum kita memutuskan berkuliah di jurusan tertentu. Pikirkan, apakah jurusan kuliah ini memberikan tugas-tugas berat sehingga kita sulit mengatur waktu antara kuliah dan kerja. Atau, jurusan kuliah ini cukup memberikan kita waktu luang untuk jadi guru les privat mungkin, dan sebagainya.

Kita bisa kepo siapa kakak kelas kita yang ternyata mengambil kuliah di jurusan yang kita minati. Nah, kita bisa tanya-tanya gimana pengalaman berkuliah di jurusan tersebut. Apa saja yang bakal kita pelajari dari jurusan tersebut. Kita bahkan juga bisa kepo gimana lingkungan sosialnya. Siapa tahu tiap jurusan punya kebiasaan sosial yang berbeda. He-he-he.

Ini poin yang enggak kalah penting. Kita wajib mencari tahu profesi apa saja dari jurusan tersebut. Apakah pilihan profesi itu sesuai dengan minat, cita-cita, impian, dan juga financial yang kita harapkan saat bekerja?