10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 1)

By Natasha Erika, Kamis, 19 Maret 2015 | 17:00 WIB
10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 1) (Natasha Erika)

Supaya enggak salah pilih atau cuma ikut-ikutan teman, coba kita ikuti 10 pertimbangan memilih jurusan kuliah, yuk!

Ini yang sering kali diabaikan oleh calon mahasiswa. Terkadang, kita jadi ikut-ikutan sama jurusan kuliah yang dipilih kebanyakan teman-teman. Padahal, kita enggak terlalu tertarik di jurusan tersebut. Makanya, pertanyaan ini wajib kita tanyakan sama diri sendiri yaitu hal apa yang menjadi minat yang membuat kita bakal senang banget belajar saat kuliah.

Selain minat, kita juga perlu mengingat masa depan kita setelah lulus kuliah dan bekerja. Apakah kita bisa hidup dari pekerjaan tersebut? Kalau kita berminat di suatu bidang tapi ternyata ke depannya minat itu enggak bisa menghidupi kita, maka kita harus mencari minat lain.

Setelah mantap menentukan jurusan kuliah, sekarang waktunya mencari universitas yang punya reputasi baik untuk jurusan tersebut. Misal, kita memilih jurusan Ilmu Komunikasi, di universitas apa saja yang bisa memberikan pembelajaran yang baik, koneksi dengan perusahaan terbaik di bidangnya dan juga nama universita yang baik untuk surat lamaran kerja kita di kemudian hari.

Gampangnya, pikirkan satu sosok atau tokoh yang menurut kita sudah memperoleh kesuksesan dalam karier. Dan, kita ingin menjadi seperti sosok itu. Misal, kita merasa pekerjaan sebagai dokter itu melelahkan tapi bisa menyembuhkan orang sakit. Kita pun jadi pengin bekerja di profesi itu.