Tips Supaya Enggak Salah Pilih Program Studi Untuk SNMPTN

By Natasha Erika, Rabu, 21 Februari 2018 | 11:50 WIB
Selain SNMPTN, Ini 5 Alternatif Masuk Perguruan Tinggi yang Bisa Kita Coba (Natasha Erika)

Girls, SNMPTN 2017 baru saja dibuka! Masih galau mau mengambil program studi apa? Nah, supaya kita enggak salah pilih dan enggak berujung penyesalan nantinya, ikuti tips memilih program studi yang tepat untuk SNMPTN, yuk!

Pastinya, kita harus punya motivasi kuat buat kuliah. Coba kita tanyakan pada diri sendiri, apakah pilihan program studi kita itu murni berdasarkan minat dan bakat kita? Atau jangan-jangan kita memilih prodi itu karena ikutan teman-teman?

Pastikan, motivasi buat memilih prodi itu murni karena kita memang menyukai bidang itu dan pengin bekerja di bidang itu.

Di sini, kita bicara soal passion. Di bidang apakah kita senang melakukan sesuatu dan nyaman ketika melakukan hal itu. Pastinya enggak mau kan belajar di program studi yang enggak ktia sukai?

Makanya, kita bisa mengetahui apa yang kita suka dari hal-hal berikut: kegiatan yang menarik perhatian kita, topik  yang menarik bagi kita saat nonton TV atau baca majalah, profesi impian kita, pelajaran favorit di sekolah dan sebagainya.

Kita juga bisa menilai diri dari  prestasi di sekolah. Kita bisa menilai dari kemampuan diri enggak cuma dari sisi akademis tapi juga non akademis. Apakah kita termasuk pintar di mata pelajaran tertentu dan mampu mengerjakan tugas-tugas dengan baik?

Atau, ktia senang melakukan aktivitas di luar kelas seperti jadi panitia pentas seni dan sebagainya.